UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Adakan KMD - Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

Info Kita

Post Top Ad

Tuesday, January 19, 2016

UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Adakan KMD

110 Calon Pembina dari mahasiswa mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga serta Pusat Pendidikan dan Latihan Kwarcab Kota Yogyakarta, Senin, 18 Januari 2016.

Kegiatan tersebut untuk mendorong bagi calon guru PGMI pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta para calon pendidik lainnya untuk mudah memahami Kurikulum 2013. Hal ini disampaikan oleh Pembina Racana Putra UIN Sunan Kalijaga Khairul Anwar.

Kegiatan pada tahun ini meningkat dari tahun lalu, yaitu menjadi dua kelas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil lulusan KMD sangat bermanfaat bagi pendidik terutama untuk guru Madrasah Ibtidaiyah atau Guru Sekolah Dasar.

Pelaksanaan acara tersebut diserahkan sepenuhnya mengikuti pengelolaannya kepada Pusdiklat Cabang Kota Yogyakarta yang akan dilaksanakan dari tanggal 18-24 Januari 2016 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Bumi Perkemahan Ambarbinangun.

Kak Suraji Widarta, S.Pd., MS selaku perwakilan dari Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta mengatakan, Tujuan KMD bagi calon Guru SD/MI salah satunya adalah untuk mendapatkan Ijazah KMD yang secara kedinasan Ijazah KMD itu wajib dimiliki oleh seorang guru MI/SD.

Selain itu, keterampilan dalam pendidikan Pramuka yang relevan dengan kurikulum 2013 dan dalam Metode Kepramukaan yang menarik,dapat digunakan dalam mengajar nantinya.

Diharapkan bagi peserta KMD untuk mengikuti Narakarya I, yaitu seperti praktik setelah Kursus Mahir Dasar. Karena kursus mahir tersebut berjenjang dan sebagai persyaratan mengikuti KML .

Seluruh peserta KMD agar setelah KMD nantinya dapat ikut serta dalam Narakarya I di sekolah-sekolah binaan UIN Sunan Kalijaga yang saat ini kurang lebih 35 Sekolah Binaan.”Tutur Khoirul Anwar saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan tersebut.

Sumber : UIN Suka

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad