Pembukaan Pengembaraan Desember Tradisional XLVI Tahun 2017 - Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

Info Kita

Post Top Ad

Tuesday, December 19, 2017

Pembukaan Pengembaraan Desember Tradisional XLVI Tahun 2017

Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) XLVI tahun 2017 resmi dibuka hari ini, Selasa (19/12) di Lapangan Detasemen Polisi Militer Angkatan Darat Jl. Magelang KM.5, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga digunakan sebagai titik keberangkatan para peserta PDT XLVI.

Bertindak selaku pembina upacara pembukaan PDT XLVI, Kak Ir. Edi Wahyudi, MPd. kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY yang sekaligus merupakan Wakil Ketua Binamuda Kwartir Daerah (Kwarda) DIY.

Kak Edi Wahyudi membacakan amanat pembina upacara yang merupakan Sambutan Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi dalam kegiatan PDT XLVI tahun 2017 ini.

"Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat, karunia dan hidayah-Nya sehingga kita diberikan anugrah kesehatan dan kekuatan dalam membina diri, satuan dan masyarakat melalui Gerakan Pramuka," ucap Kak Edi.

Adik-adik Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang Kakak banggakan, lanjutnya, Kakak menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional ini yang merupakan kegiatan besar bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kota Yogyakarta.

Pengembaraan yang mengambil rute perjuangan Tentara Pelajar BE-17 tahun ini, mengingatkan kita pada para pejuang yang merupakan pelajar. Mereka dididik dan dilatih guna membela bangsa dan negara Indonesia dalam mengusir penjajah. Jiwa nasionalisme, rela berkorban dan cinta tanah air tercermin dalam semangat para pejuang Tentara Pelajar BE-17.

Rute PDT XLVI tahun 2017 kali ini meliputi Jl. Perjuangan Tentara Pelajar BE 17 (DENPOMAD- Gamping- Sedayu- Godean- Seyegan – Minggir – Turi – Pakem – Ngaglik – Depok- Balaikota Yogyakarta). Adapun peserta yang telah terdaftar dalam kegiatan ini sebanyak 536 orang yang merupakan utusan dari 23 pangkalan, terbagi dalam 72 sangga.

Adapun pesan dari GKR Mangkubumi yang disampaikan kepada selurh peserta adalah untuk terus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengembaraan ini dengan penuh tanggung jawab dan rasa gembira. Raihlah prestasi dalam kegiatan ini secara sportif dan jujur. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa Pramuka adalah insan Pancasila yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang siap membantu masyarakat. Berpeganglah selalu pada satya dan darma kalian sebagai Pramuka.

Selamat berkegiatan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua. (fgp/cst)

  

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad