Pengembaraan Desember Tradisional 2017 - Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

Info Kita

Post Top Ad

Monday, December 4, 2017

Pengembaraan Desember Tradisional 2017

Kwatir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Yogyakrta dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega akan menyelenggarakan Pengembaraan Desember Tradisional XLVI (PDT XLVI) tahun 2017.

Untuk Tahun 2017, kegiatan ke-46 yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini akan mengambil rute Jl. Perjuangan Tentara Pelajar BE 17 (DENPOMAD- Gamping- Sedayu- Godean- Seyegan – Minggir – Turi – Pakem – Ngaglik – Depok- Balaikota Yogyakarta). Lebih dari 500 peserta Pramuka Penegak (SMA/SMK/MA) se-Daerah Istimewa Yogyakarta akan turut berpartisipasi dalam kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-23 Desember 2017.

Seperti disampaikan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Yogyakarta, PDT XLVI tahun 2017 mengambil tema "Bersatu Dalam Perbedaan Untuk Mengabdi Dan Berbakti Pada Indonesia" yang bertujuan sebagai wadah kegiatan generasi muda khususnya Pramuka Penegak yang dapat mempertebal semangat disiplin, meningkatkan daya kreasi dan kecerdasan, mengembangkan kepemimpinan dan ketrampilan yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan persaudaraan bakti yang akhirnya akan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Tentunya sebagai generasi muda kita harus sadar tanggungjawabnya sebagai generasi bangsa yang nantinya akan memikul tanggung jawab pembangunan di berbagai bidang," terang Agnes, DKC Kota Yogyakarta dalam laman resmi PDT XLVI tahun 2017.

Selain kegiatan pengembaraan, lanjutnya, PDT XLVI terdapat Kegiatan Bakti dan Kegiatan Prestasi. Adapun kegiatan Bakti meliputi : Bakti Sosial, Penanaman Bibit Pohon, Street Clean Up, Mural, Perintisan Perpustakaan Pramuka, serta Kerja Bakti Dusun dan Tempat Ibadah. Kegiatan tersebut dilaksanakan saat pengembaraan dan peserta diharapkan untuk bisa mengumpulkan dan memilah sampah yang ditemui selama perjalanan yang tidak pada tempatnya.

"Tentunya selain memberikan pesan untuk mebuang sampah pada tempatnya dan akan berdampak juga terhadap lingkungan di selama perjalanan/pengembaraan," tambah Agnes.

Sementara itu untuk Kegiatan Prestasi meliputi, Festival Kesenian Rakyat, Lomba Baris-Berbaris, Asah Terampil, Video Smartphone Documenter Competition, Travel Writer Competition, Masetr Chef, dan Lomba Ketrampilan Kepramukaan. (Tata Adat PDT XLVI bisa dilihat/diunduh di sini).

Ada yang spesial juga dalam penyelenggaraan di akhir tahun 2017 ini, yaitu Kegiatan Festival Wiradharma. Festival ini terdiri dari Sarasehan Pahlawan bersama Keluarga TP BE-17, Talkshow Dewan Kerja dan Kepenegakan serta Satuan karya, serta Malam Wiradharma.

Pada Malam Wiradharma akan dimeriahkan dengan Penandatanganan Ikrar Persaudaraan Sesama Pramuka dan Flasmob Dance. Agenda tersebut ini akan menjadi puncak pelaksanaan PDT XLVI dengan penyerahan Tropi Bergilir kepada Juara Sangga Utama Putra dan Putri.(csty)

Informasi ini dipublikasikan juga di PramukaDIY.or.id

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad