Posko Peduli Bencana Kwarcab Jogja - Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

Info Kita

Post Top Ad

Thursday, November 30, 2017

Posko Peduli Bencana Kwarcab Jogja

YOGYAKARTA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta membuka Posko Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana di Sanggar Saka Wanabakti Komplek Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jln Argulobang no 19, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Posko ini merupakan salah satu bentuk Pramuka Peduli DIY Bergerak Bersama dalam merespon dampak Siklon Tropis Cempaka yang melanda DIY. Pramuka hadir di masyarakat dengan memberikan bantuan baik materiil maupun moril.

Seperti dijelaskan oleh Tim Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kota Yogyakarta, beberapa hal yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pemantauan di Daerah Aliran Sungai Winongo Kota Yogyakarta, di seputaran Kampung Jlagran, Kota Yogyakarta, terdapat 58 Jiwa terdampak bencana banjir dan tanah longsor.
  2. Penerimaan Bantuan dari berbagai pihak di Posko.
  3. Penyaluran Bantuan ke lokasi terdampak bencana

Penyaluran bantuan yang berupa uang tunai, bahan makanan instans cepat saji, obat-obatan, selimut dan alas tidur, serta pakaian layak pakai disampaikan di beberapa lokasi diantaranya, Kampung Jlagran, Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, dan Desa Ngrancahan, Kebonagung, Imogiri, Bantul.

Seperti disampaikan oleh Koordinator Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kota Yogyakarta, Zanuar Gusta Perdana, pergerakan berikutnya akan dibagi beberapa unit ke perkampungan di Daerah Aliran Sungai Winongo, Code, dan Gajah Wong guna memantau kondisi dan kebutuhan bantuan tenaga maupun logistik, serta wilayah luar Kota Yogyakarta, seperti, Dusun Kedung Miri, Wunut, Karang Tengah, Imogiri, Bantul yang masih terisolasi dan membutuhkan bantuan logistik.

Satgas Kwarcab Kota Yogyakarta, lanjutnya, menerima dan akan segera menyalurkan kebutuhan seperti, makanan cepat saji, selimut, pakaian layak pakai, obat-obatan, pampers, makanan bayi, air mineral siap minum, Bahan bakar minyak, alat penerangan, alat kebersihan, dan juga family kit.

"Untuk bantuan akan disalurkan setiap sore hari ke lokasi - lokasi yang membutuhkan sesuai dengan pantauan tim dan berkoordinasi dengan pihak terkait," terang Zanuar.

Satgas Kwarcab Kota Yogyakarta juga membuka donasi uang yang bisa dikirim ke rekening,
Bank BRI 0245-01-060597-50-4 an. Fuad Galuh Prihananto, dan/atau
Bank Mandiri 900-00-2404249-2 an. Zanuar Gusta Perdana

Disampaikan untuk memberikan kemudahan dalam pencatatan, jumlah nominal yang ditransfer bisa ditambah 125 pada 3 digit akhir sebagai kode bantuan. Bukti transfer dapat difoto dan dikirim ke nomor kontak: Zanuar Gusta Perdana 085743983038, Santi 085288295490, atau Hakim 085725966190 dengan mencantumkan nama pengirim. (fgp)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad