Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2020 di Tengah Pandemi COVID-19



YOGYAKARTA -- Ditengah Pandemi COVID-19 ini, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta tetap melaksanakan Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia (HBPI) tahun 2020, 12 April.

Serangkaian kegiatan dilakukan hari ini, Minggu (12/04/2020) mulai Penyemprotan Disinfektan di dua Gugusdepan yaitu SMAN 3 Yogyakarta dan SD Baciro serta aksi pembagian 100 masker untuk para pekerja dan masyarakat di jalan yang tidak menggunakan masker.

Pembagian masker ini tidak hanya dilakukan dengan sekedar membagikan, namun juga dengan memberikan edukasi bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 ini lebih baik untuk masyarakat dapat menggunakan masker setiap saat terutama pada saat keluar rumah demi memutus rantai penyebaran virus corona.

Aksi lainnya yang dilakukan adalah pembagian makan siang untuk pekerja informal yang masih bekerja di luar rumah dan pemasangan tempat cuci tangan di Pasar Lempuyang dan Pasar Kotagede dengan tujuan agar para pekerja di pasar serta pengunjung dapat membiasakan mencuci tangan.

  

Rangkaian agenda lainnya yaitu pembagian sembako dari donatur bersama LareAngon Indonesia untuk kakak kakak Pelatih, Andalan, dan Staff Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, kemudian penyemprotan disinfektan juga dilakukan di wilayah Pasar Kotagede dan Masjid Gede Mataram bersama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak kegiatan yang dipelopori oleh Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (DKC) Kota Yogyakarta bersama Pramuka Peduli Kota Yogyakarta dalam peringatan HBPI tahun 2020 ini diisi dengan talkshow yang dikemas dengan nama Pramuka Bicara (Kedai Kaca) bertema Hari Bapak Pramuka Indonesia.

Kedai Kaca edisi spesial peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia ini menghadirkan Kak Aji Rachmat Purwanto, S.T yang disajikan secara Live di instagram @dkckotajogja, YouTube Channel DKC Kota Yogyakarta, dan Live di Facebook Page Bapak Pramuka Indonesia.

  

Dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, kegiatan ini tidak begitu banyak melibatkan anggota, hanya dari tim SAtgas Respon Tanggap Darurat COVID-19 Kwarcab Kota Yogyakarta yang terdiri dari perwakilan Satuan Karya, Andalan, dan penegak pandega sebagai bentuk pengkaderan anggota Pramuka di Kota Yogyakarta untuk meneruskan estafet Kepengurusan DKC periode 2015-2020 yang akan berakhir di tahun ini.

DKC Kota Yogyakarta mengucapkan terimakasih sebesar besarnya dan mengapresiasi partisipasi teman teman untuk suksesnya Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia ini.

Salam Pramuka!!

(AR)

Post a Comment

0 Comments