Kwarcab Kota Yogyakarta mengikuti Rakerda Kwarda DIY

 

Foto : Kak Agnes

Yogyakarta, (20/03/2021) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka turut serta dalam Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di Kwarda DIY dan daring dengan media aplikasi zoom. Diikuti oleh perwakilan dari setiap Kwacab se-DIY, kegiatan bertemakan Mewujudkan Generasi Unggul Berkarakter dan Berbudaya Tonggak Kokohnya Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan motto Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. 

 Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) juga memberikan arahan salah satunya “Maka ada relevansinya jika kita mengingat kembali khittah pramuka yang diungkapkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada kongres kepanduan dunia 1971 dalam pidato yang monumental,”. Beliau juga menyampaikan selamat berdiskusi kepada peserta rakerda.

Kegiatan Rakerda ini diikuti oleh 7 Orang utusan Kwarcab Kota Yogyakarta, yang terdiri dari unsur Pengurus Kwarcab, Pusdik, dan DKC. Berikut beberapa agenda dalam Rakerda:

Sidang Pleno I:

1. Arah dan Kebijakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam bidang Pendidikan dan Kepemudaan di Masa Pandemi disampaikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Harian.

2. Pemaparan laporan pelaksanaan program kerja Kwarda DIY tahun 2020 

3. Pemaparan rencana kerja Kwarda DIY tahun 2021 dan serta kegiatan nasional/internasional tahun 2021.

4. Pemaparan hasil Musyawarah Kerja Dewan Kerja Daerah Tahun 2021

5. Pandangan umum dari Perutusan Kwarcab se-DIY.

Dilanjutkan dengan Sidang Komisi, terdiri dari 3 Komisi diantaranya:

1. Komisi 1 tentang Pencapaian Pramuka Garuda, Pramuka Istimewa dan Rintisan Kampung Pramuka.

2. Komisi 2 tentang Sistem Informasi Pengelolaan Anggota dan Kelembagaan, pembahasan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan iuran anggota.

3. Komisi 3 yaitu Komisi Khusus tentang Pelaksanaan Rencana Strategis Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta 2020-2025.

Kemudian Sidang Pleno 2 berisi penyampaikan hasil-hasil dari sidang komisi serta melaksanakan sidang tim perumus. (A.R)


 

Post a Comment

0 Comments