Sekolah Lapang Geofisika diikuti secara Daring oleh Pramuka Kota Yogyakarta


Yogyakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyelenggarakan acara Sekolah Lapang Geofisika tahun 2021 pada tanggal 16-17 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring serta daring, dimana kegiatan luring dilaksanakan di desa Glagah dan desa Kemadang Kulonprogo, sedangkan kegiatan daring melalui aplikasi zoom. Sekolah Lapang Geofisika 2021 dibuka secara resmi oleh Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. 

“Dengan kegiatan ini kita berharap kita bisa bersama-sama untuk menyiapkan dan berlatih, agar kita bisa menyelamatkan diri sendiri, anggota keluarga, dan tetangga, masyarakat sekitar kita,” ujar Kepala BMKG saat membuka kegiatan. Selain itu beliau juga mengingatkan besarnya potensi bencana gempa bumi dan tsunami di DIY.


Sekolah Lapang Geofisika 2021 diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap informasi dan mitigasi gempabumi dan tsunami. Selain itu, kegiatan juga dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kesiapan Perangkat Desa, Komunitas Kebencanaan tingkat Desa dan Masyarakat terhadap potensi bencana gempabumi dan tsunami. Perwakilan anggota Pramuka dari masing-masing Kwarcab dan Kwarda mengikuti kegiatan ini secara daring melalui aplikasi zoom. Beberapa Anggota Pramuka Peduli Kota Yogyakarta dan 2 orang Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kota Yogyakarta mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksaakan selama 2 hari, dari pagi hingga sore hari. Pada hari pertama kegiatan berisikan dengan Penyampaian materi-materi dari berbagai narasumber. Selanjutnya di hari kedua diadakan sesi diskusi kelompok dimana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. (A.R)

 

Post a Comment

0 Comments