Temu Dewan Satuan 2021

YOGYKARTA (11/04/2021) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (DKC) Kwarcab Kota Yogyakarta mengadakan Temu Dewan Satuan pada Minggu, 11 April 2021. Kegiatan ini merupakan pertemuan antara Dewan Ambalan, Racana, dan Saka se-Kota Yogyakarta untuk sharing antar Dewan serta mensosialisasikan program kerja DKC tahun 2021.

Bertempatan di Bumi Perkemahan Ambarbinangun, kegiatan ini dibuka oleh Kak Suraji Widarta, S.Pd, MS selaku Wakil Ketua Kwarcab Ketua Bidang Binamuda. Dalam sambutannya Kak Raji juga memberikan Renungan tentang Bapak Pramuka Indonesia dalam rangka Perayaan Hari Bapak Pramuka Indonesia yang bertepatan pada tanggal 12 April.

Adapun hal hal yang disampaikan dalam Kegiatan Temu Dewan Satuan ini diantaranya Penyampain Program Kerja DKC selama satu tahun, kemudian dilanjutkan dalam penyampaian informasi kegiatan diantaranya Sosialisasi Safari Pangkalan, Kegiatan Pengabdian Masyarakat, serta Satuan Bakti dan Link Berita.

Tidak kelewatan, Dewan Satuan Karya yang hadir dalam Kegiatan ini berkesempatan menyampaikan dan mempromosikan kegiatan yang ada di Satuan Karyanya, pada sesi Penyampaian Satuan Karya, guna memperkenalkan Satuan Karya yang ada di Yogyakarta kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kota Yogyakarta.

Para Dewan Ambalan, Racana, dan Saka juga berkesempatan untuk mendiskusikan perkembangan kepramukaan di pangkalan masing-masing bersama pangkalan lain pada sesi Forum Penegak, Pandega, dan Saka. Selain itu dalam Forum Penegak, Pandega, juga dibahas atau di kaji bersama terkait penerapan pola mekanisme pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega di Ambalan dan Racana se-Kota Yogyakarta. Sedangkan pada Forum Saka dibahas tentang kesesuaian Jukran Saka dengan penerapan yang ada di lapangan.

Meskipun diselenggarakan secara luring, Sangga Kerja dan Peserta tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak selama berlangsungnya kegiatan. Kegiatan ini diakhiri pada pukul 15.00 dengan penutupan kegiatan dan foto bersama.


Pewarta : Marcellina Santika Gitaratri

Post a Comment

0 Comments