Kegiatan Kemah Bisa Makin Seru dengan Metode Hybrid : Hari Kedua Padmanaba Hybrid Camp 2021

Keesokan paginya, Sabtu, 19 Juni 2021. Peserta offline memulai kegiatan dengan sholat subuh berjamaah dilanjut dengan memasak mie instan bersama. Dijadwalkan bahwa pagi ini peserta perkemahan online melaksanakan kegiatan bersepeda/jogging sedangkan peserta perkemahan offline berjalan pagi sembari menentukan rute Fun Tracking bagi peserta perkemahan offline kelas X yang akan hadir Sabtu siang.
 
Sedikit berbeda dengan rute Fun Tracking kemarin, peserta perkemahan offline melanjutkan perjalanan hingga memasuki perkebunan tebu yang sudah panen naik menuju tanah lapang berumput. Matahari yang sudah terlihat menunjukkan bahwa sudah berjalan cukup lama. Saat hendak kembali ke tapak perkemahan ada 2 jalan terlihat dari jauh. Kami memilih untuk melewati jalan yang mengarah ke kanan. Rupanya pilihan kami salah karena jalan yang harus dilalui sangat curam dan sempit.  Banyak tanaman sulur yang menghalangi jalan, juga tanah yang licin dan tanaman berduri.

Sesuai Dasa Darma Pramuka, kami mengamalkan untuk berani dan bergembira serta saling tolong menolong saat melewati jalan yang curam dan licin, hingga akhirnya sampai di sungai dan kami menyusuri sungai hingga jembatan. Menyusuri sungai tidak semudah yang dibayangkan. Berkali-kali beberapa diantara kami terpeleset hingga basah bahkan ada yang handphonenya terkena air. Setelah beberapa saat, kami berhasil sampai di jembatan kecil yang kemarin kami lalui dan beristirahat sejenak. Kami bergegas kembali ke tapak perkemahan.

Sesampainya di tapak perkemahan, secara bergantian kami langsung menyantap sarapan dan mandi. Kemudian bersiap untuk membuat siomay. Bersama pembina dan guru, seluruh peserta membantu kentang dan telur. Di Yogyakarta, peserta online juga membuat siomay di rumah masing-masing.  Setelah siap, peserta dan panitia perkemahan memakan siomay bersama dan berbincang serta bercanda tawa.

Upacara penutupan diadakan serupa dengan upacara pembukaan. Upacara ini dipandu oleh Kak Fitri sebagai MC kemudian dipimpin oleh Ibnu dari kelas XI IPA 2 dan Bu Puji sebagai pembina upacara. Upacara ini sekaligus menutup rangkaian Padmanaba Hybrid Camp 2021 kelas XI  dengan pelepasan tanda peserta perkemahan yang diwakilkan oleh Lintang dari kelas XI IPA 6 dan Ibnu dari kelas XI IPA 2 serta pelaporan kegiatan oleh panitia kepada pembina upacara. Upacara telah selesai, saatnya bagi kelas XI bersiap untuk mendampingi kelas X.

Saat siang hari, peserta perkemahan kelas X sudah hadir. Mengisi presensi kehadiran, kemudian mendirikan tenda karena terlihat langit gelap tanda akan segera hujan. Semua tenda selesai didirikan, rintik hujan mulai terasa dan tapak kemah mati listrik. Seluruh peserta segera kesekretariatan. Seketika hujan menjadi deras. Seluruh peserta kelas X dan panitia kelas XI memulai permainan tradisional anak seperti domikado, abc 5 dasar, berhitung dan lainnya. Hujan dan mati listrik yang membuat kecewa berbuah indah karena dapat menjadi sarana bagi kelas X dan XI menjadi semakin akrab.
 
Seiring hujan mereda, seluruh panitia dan peserta offline bersiap melaksanakan upacara pembukaan di kesekretariatan tanpa menyiarkan di zoom meeting karena masih mati listrik. Upacara pembukaan berjalan serupa dengan upacara pembukaan peserta kelas XI dengan dipandu Kak Fitri sebagai MC kemudian dipimpin oleh Hafizh dari kelas X IPA 4 dan Bu Puji sebagai pembina upacara. Upacara ini sekaligus membuka rangkaian Padmanaba Hybrid Camp 2021 kelas X dengan penyematan kartu peserta perkemahan yang diwakilkan oleh Atha dari kelas X IPA 4 dan Hafizh dari kelas X IPA 4. Setelah upacara pembukaan, peserta offline dan panitia melaksanakan sholat Ashar berjamaah kemudian secara bergantian bersiap untuk Fun Tracking. Bagi peserta perkemahan online juga bersiap untuk memulai BIG GAMES dengan mengambil potongan puzzle di 3 titik yang ada di Yogyakarta; SMAN 3 Yogyakarta, Monumen Golog Gilig Tugu, Pagar Barat Alun-Alun Utara kemudian menyelesaikan tugas yang tertera pada puzzle bersama sangganya secara online dengan membahas melalui grup. 
 
Karena kondisi setelah hujan membuat tanah lebih lunak, Fun Tracking melalui rute yang lebih aman dan tidak terlalu jauh. Rute jalan besar dan menuju jembatan, kemudian kembali ke tapak perkemahan. Sesampainya di tempat perkemahan, peserta offline diberi jam bebas hingga pukul 19.30. Ada beberapa yang secara bergantian makan sore, mandi, dan menikmati senja dari dalam tenda.

Malam menjelang, seluruh peserta online-offline bersiap untuk melaksanakan kegiatan talent show secara langsung dan melalui zoom meeting. Pada kegiatan offline, sebelumnya diwakilkan 5 orang untuk menyerukan sila Pancasila secara bergantian. Setelah selesai, secara bergantian pula 5 perwakilan tadi membawa lilin menuju gelas. Kegiatan selanjutnya adalah penampilan talent show dari setiap sangga baik online maupun offline yang sudah diunggah di YouTube. Talent show ini mengambil 2 jenis pertunjukan yaitu cover lagu dan menyanyi yel-yel. Acara talent show berjalan dengan sedikit kendala pada jaringan internet area perkemahan yang sedikit buruk, namun teratasi dengan bantuan Kak Nasha di Yogyakarta untuk share screen. Menyenangkan dan meningkatkan keakraban satu sama lain baik peserta online maupun offline. Setelah talent show selesai, waktunya seluruh peserta online maupun offline beristirahat.  Sebagian besar peserta dan panitia mulai tidur, namun ada beberapa yang masih mengobrol ringan dengan ditemani Pak Fahmi. (ar)
 
Pewarta : Kak Lintang
Editor : Nadia Agnes Rasheesa 

Post a Comment

0 Comments