Temu Teknis Penelitian Kebutuhan dan Eksistensi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Masyarakat


Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan temu teknis Penelitian Kebutuhan dan Eksistensi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Masyarakat. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Cabang se-DIY sebagai Tim Surveyor.
 
Dalam temu teknis yang bertempat di Aula Kwarda DIY ini dijelaksan terkait sistem penelitian yang menggunakan kuisioner, dimana kuisioner tersebut diisikan oleh petugas di Kelurahan. DKD DIY juga membagi Kelurahan Kelurahan di masing-masing kabupaten kota untuk nantinya dapat dipilah oleh Tim Surveyor, Kelurahan mana saja yang memungkinkan untuk pengambilan data atau kuisioner.


Kota Yogyakarta sendiri mendapatkan target 16 Kalurahan dari 45 Kalurahan yang ada di Kota Yogyakarta. Seperti yang dijelaskan dalam Temu Teknis ini, Penelitian Kebutuhan dan Eksistensi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Masyaral\kat ini dilatarbelakangi oleh adanya program kerja DKD DIY yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat, salah satu diantaranya adalah program Fasilitasi Pramuka Garuda Berkarya Nyata, dan Kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi-potensi masyarakat di DIY yang dapat dikembangkan oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam kegiatan tersebut. Disamping itu, penelitian ini juga berfungsi sebagai wadah penampungan aspirasi dari masyarakat untuk pengembangan kegiatan kepramukaan, khususnya kegiatan yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

Semangat bertugas rekan rekan DKD DIY dan DKC-se DIY, tetap jaga kesehatan dan ikuti protokol kesehatan dengan baik. (ar)
 
Pewarta : Nadia Agnes Rasheesa



Post a Comment

0 Comments