Terus Melakukan Gerakan, Lustrum VIII Pramuka UGM Dibuka

Yogyakarta (25/07) -- Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Universitas Gadjah Mada, yaitu Racana Gadjah Mada dan Racana Tribhuwanatunggadewi telah menyelenggarakan Upacara Pembukaan Rangkaian Kegiatan Lustrum VIII Pramuka Universitas Gadjah Mada. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Juli 2021 ini dilaksanakan secara daring karena adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atas pandemi COVID-19 yang masih merebak kasusnya. Meskipun dilaksanakan secara daring, melalui Sanggar Bhakti Pramuka UGM, petugas upacara dan reka kerja Lustrum VIII Pramuka UGM dalam jumlah terbatas melaksanakan rangkaian upacara yang termasuk di dalamnya peletakkan pataka racana, adat buka kegiatan, dan laporan ketua reka kerja.

Dalam kegiatan tersebut, peserta rover challenge, peserta inovasi kepanduan, unit-unit kegiatan mahasiswa UGM, racana-racana sahabat, dewan kerja, dan kwartir pun cukup antusias dengan menghadiri kegiatan tersebut. Hadir pula Kakak Dr. rer. nat. Djati Mardiatno, M.Si., M.T selaku Ketua Gugusdepan 03.073 Racana Gadjah Mada dan Kakak Suraji Widarta, S.Pd selaku Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogyakarta untuk memberikan sambutan. Kemudian, rangkaian kegiatan Lustrum VIII Pramuka UGM resmi dibuka oleh pembina upacara yang dalam hal ini dilakukan oleh Kakak Drs. Arifin Budiharjo selaku Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kak Djati berharap kegiatan yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini dapat berjalan dengan baik, “Meskipun dilaksanakan secara daring, semoga esensi atau nilai rangkaian kegiatan Lustrum VIII Pramuka UGM tidak kalah jika dibandingkan dengan kegiatan luring sebagai salah satu pembentukan karakter. Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya dan memohon partisipasi aktif dari pihak internal maupun eksternal yang sudah kami hubungi untuk mendukung rangkaian kegiatan Lustrum VIII Pramuka UGM ini sehingga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terutama untuk Gerakan Pramuka.”

“Mengapresiasi kegiatan Lustrum VIII Pramuka UGM yang menunjukkan eksisnya yang luar biasa bagi Kwartir Cabang Kota Yogyakarta maupun Kwartir Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Semangat untuk kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan. Dengan daya tarik yang luar biasa, semoga kegiatan yang inovatif ini akan menjadi ketertarikan peserta didik di Gerakan Pramuka sebagai salah satu wahana pendidikan yang luar biasa. Selamat untuk Lustrum VIII Pramuka UGM, semoga Gerakan Pramuka di Universitas Gadjah Mada semakin maju, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungannya dan orang lain selain di Gerakan Pramuka karena Gerakan Pramuka ke depannya merupakan garda terdepan dalam pengabdian masyarakat, sosial kemasyarakatan, dan khususnya dalam pembinaan kaum muda,” pesan Kak Suraji dalam sambutannya.

Kemudian, selaku pembina upacara, Kak Arifin membuka sambutannya dengan harapan untuk Lustrum VIII Pramuka UGM, “Lustrum VIII Pramuka UGM sebagai momentum peringatan suatu tahap tertentu proses pengabdian dan sarana untuk mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, sebagai sarana untuk merefleksi, melakukan perenungan, dan evaluasi atas apa yang telah dilakukan selama ini oleh racana maupun gugus depan pramuka sesuai dengan visi dan misi yang dulu pernah digagas tatkala mendirikan oeganisasi dalam situasi dan perkembangan dinamika yang ada, sekaligus sebagai sarana untuk menemukan pijakan baru untuk menuju masa datang yang lebih baik.” Selain itu, Kak Arifin pun menjelaskan tentang peran gugus depan perguruan tinggi dalam Gerakan Pramuka, “sesuai dengan Petunjuk Pelaksaanaan Gugusdepa Perguruan Tinggi Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 180A Tahun 2011, gugusdepan perguruan tinggi hendaknya mampu merefleksikan link and match antara pelaksanaan tri satya dan dasa dharma dengan tri dharma perguruan tinggi dengan tiga dimensi pola pembinaan sebagaimana yang dulu pernah digagas oleh Baden Powell dan kita kenal sebagai bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Selain itu, terdapat pula pelaksanaan gagasan Baden Powell yang dijadikan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan, yaitu ‘dari, oleh, dan untuk’ Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta semangat ‘kayuhlah kolekmu sendiri’. Eksistensi organisasi Gerakan Pramuka ditentukan oleh ada atau tidaknya gerakan dari para pramuka. Untuk itu, kwartir mendukung dan mengapresiasi setiap gerakan yang mewujudkan gerakan untuk gerakan pramuka sebagai gerakan pendidikan yang unik di mana kemampuan dan ilmu yang kita miliki digunakan untuk melakukan pengabdian pada masyarakat yang dalam pelaksanaannya terdapat proses pendidikan internal yang meningkatkan keilmuan kita. Dalam Gerakan Pramuka, harus ada kegiatan dengan 3 hal, yaitu responsif, kreatif, dan fleksibel atau adaptif sehingga istilah ‘Pramuka tak kenal rintangan’ yang sering kita dengar menandakan bahwa dalam kondisi apapun kegiatan dapat tetap dilakukan, meski tidak sebagaimana ketika menghadapi situasi normal. Dari kegiatan ada gerakan, dari gerakan ada pendidikan.”

Dalam pesannya ketika membuka Lustrum VIII Pramuka UGM secara resmi, Kak Arifin pun menyampaikan do’a dan harapannya, “Kami mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Dengan semangat untuk terus bergerak dan semangat untuk terus melakukan gerakan, dengan ini saya mewakili pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta membuka secara resmi kegiatan dalam rangka Lustrum VIII Gerakan Pramuka Racana Gadjah Mada Gugusdepan Kota Yogyakarta 03.073 dan Racana Tribhuwanatunggadewi Gugusdepan Kota Yogyakarta 03.074 secara resmi mulai dilaksanakan. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi bagi rekan-rekan dan racana-racana lain untuk terus melakukan aktivitas walaupun sesuai dengan aturan dan protokol yang sedang berlangsung di situasi dan kondisi saat ini. Selamat atas Lustrum VIII Pramuka UGM, selamat beraktivitas, dan selamat bekerja.” Setelah itu, Upacara Pembukaan Lustrum VIII Pramuka UGM pun ditutup dengan do’a bersama dan menyanyikan lagu Hymne Satya Dharma Pramuka. (A.R)

Pewarta : Tahta Ratu Sekarilalang

________________

Akun resmi media sosial UKM Pramuka Universitas Gadjah Mada :
Instagram      : @pramukaugm
Facebook       : Pramuka Universitas Gadjah Mada
 Line               : @eyj3819s
Twitter          : @pramukaugm 
Youtube         : Pramuka UGM
Email             : ukm.pramuka@ugm.ac.id

Post a Comment

0 Comments