Webinar dalam Mengenalkan Peran Kepanduan dalam SDG's (Suistainable Development Goals)


Yogyakarta, (6/09/2021) -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta dalam hal ini Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (DKC) Kwarcab Kota Yogyakarta mengadakan Webinar mengenai Scout Roles on Sustainable Development Goals (SDG's). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara blended atau kombinasi luring yang diikuti oleh peserta TDS II dan daring oleh peserta lainnya se-Indonesia dari semua golongan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutin Dewan Kerja Cabang yaitu Temu Dewan Satuan. Webinar Scout Roles on Sustainable Development Goals (SDG's) dilaksanakan dari pukul 09.00-10.00 WIB pada hari minggu, 5 September 2021.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Materi ini dibawakan oleh Kak Robi Firnando, Kabid Kajian Kepramukaan Dewan Kerja Nasional (DKN) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memberikan wawasan baru untuk pramuka khususnya di Kota Yogyakarta bahwasanya pramuka sangatlah diharapkan untuk bisa ikut melaksanakan minimal satu dari 17 tujuan dari SDGs.


SDGs berisi 17 Tujuan diantaranya :
(1) Tanpa Kemiskinan
(2) Tanpa Kelaparan
(3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera
(4) Pendidikan Berkualitas
(5) Kesetaraan Gender
(6) Air Bersih dan Sanitasi Layak
(7) Energi Bersih dan Terjangkau
(8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
(9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur
(10) Berkurangnya Kesenjangan
(11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
(12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
(13) Penanganan Perubahan Iklim
(14) Ekosistem Lautan
(15) Ekosistem Daratan
(16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
(17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Dari sini kita dapat mengetahui bahwasanya keikutsertaan para pemuda, termasuk Pramuka sebagai masa depan bangsa sangatlah dibutuhkan demi terwujudnya perdamaian dunia. Harapannya dari pemaparan materi kali ini semakin banyak yang memahami dan mengkampanyekan program SDG's.

Pewarta : Hasan Muhammad, D
Editor : Nadia Agnes Rasheesa, DG

Post a Comment

0 Comments