DKC Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pertemuan Dewan Satuan Kedua tahun 2021

Yogyakarta (5/09/21) - Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Kota Yogyakarta melaksanakan Temu Dewan Satuan II yang biasa disebut dengan TDS II. Kegiatan ini dilaksanakan guna berkoordinasi dan memberikan edukasi kepada Ketua Dewan Ambalan, Racana, serta Satuan Karya se-Kota Yogyakarta.

Kegiatan TDS II ini dibuka oleh Kakak Dwi Purnomo, S.Pd, Si, MG selaku pembina upacara. Dalam sambutan pembukanya, Kak Dwi menyampaikan bahwa mewakili Ketua Kwarcab menitipkan salam kepada semua peserta dan berpesan agar rangkaian kegiatan Temu Dewan Satuan II agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Kita dapat berkegiatan akan tetapi harus selalu memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku juga.


Pada kesempatan kali ini, Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) melaksanakan inagurasi kepada 13 Pewarta Istimewa dari seluruh Cabang di DIY. Adapun 2 orang Anggota Pramuka Kota Yogyakarta yang turut serta di inagurasi yaitu Kak Marchelina Santika Gitaratri, TB (DKC Kota Yogyakarta), dan Kak Wibisono Yudhi Kurniawan (Andalan Kwarcab Kota Yka).

Dilanjut dengan kegiatan berikutnya, yaitu webinar pertama dengan materi Scout Roles on Sustainable Development Goals (SDGs) bersama Kak Robi Firnando, Ketua Bidang Kajian Kepramukaan dari Dewan Kerja Nasional. Kemudian webinar kedua dengan materi WOSM Service bersama Kak Vildy Zulhiz Maretha Dewi, Sekretaris dari Dewan Kerja Nasional. Kedua webinar ini tidak hanya diikuti oleh peserta TDS II saja, tetapi juga oleh anggota Pramuka se-Indonesia dari semua golongan, dilaksanakan secara daring.

Dipenghujung acara DKC Kota Yogyakarta juga memberikan pemaparan beberapa program kerja diantaranya Satuan Bakti oleh ketua pelaksana Kak Tahta Ratu Sekarilalang,CD, Pengembaraan Desember tradisional Lustrum X (PDT Lustrum X) oleh ketua sangga kerja Kak Dicky Rido Ilahi, DG dan yang terakhir yaitu Safari Pangkalan oleh ketua pelaksana Kak Arip Bagas Pambudi, TB. 

Kegiatan TDS II ini ditutup oleh Kak Nadia Agnes Rasheesa, DG Ketua DKC Kota Yogyakarta. Kak Agnes berpesan agar dengan adanaya materi SDG's dan WOSM Service yang telah dipaparkan oleh narasumber tadi, dapat memacu teman teman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega maupun anggota Saka di Kota Yogyakarta untuk rutin laporkan Service Hours WOSM.


Pewarta : Arjun Putra Youfanda

Post a Comment

0 Comments