Perwakilan Dewan Ambalan Gugusdepan SMAIT ABU BAKAR Yogyakarta berpartisipasi dalam kegiatan Jota Joti 2021

KOTA YOGYAKARTA — Perwakilan Dewan Ambalan Khalid bin Walid dan Mariyah Al Qibthiyyah mengikuti Jambore On The Air - Jambore On The Internet (JOTA-JOTI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta dalam hal ini adalah Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Cabang (DKC) Kota Yogyakarta. 

Agenda dibuka secara resmi oleh Kak Drs. Gunawan Purwanta, MT selaku Andalan Urusan Pembinaan Penegak Pandega Putra di Aula Kwarcab Kota Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua ORARI Lokal Kota Yogyakarta, Kak Ir. Rifqi Rizal.

Dalam arahnya, Kak Gunawan menghimbau kepada peserta Shift pertama yang hadir dalam Perwakilan Dewan Ambalan gugus depan SMAIT ABU BAKAR Yogyakarta berpartisipasi dalam kegiatan jota joti 2021 kegiatan pembukaan untuk dapat berlajar cara berkomunikasi yang tepat menggunakan perangkat radio maupun internet. Selain itu tetap menjaga protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

“Oleh karenanya manfaatkanlah kesempatan kegiatan ini untuk belajar berkomunikasi dengan perangkat Radio dan Internet,” pesan Kak Gunawan.

Usai pembukaan, peserta JOTA-JOTI tahun 2021 Kwarcab Kota Yogyakarta mendapatkan materi tentang Cara Penggunaan Satelit untuk ber-JOTA dilanjutkan dengan praktik berkomunikasi melalui radio dengan pramuka di wilayah lain.

Perwakilan dari Dewan Ambalan Khalid bin Walid dan Mariyah Al Qibthiyyah yaitu kak Sayyida Syaima Al Murtadho, kak Ar rafi Nabila Az Zahra, kak Muhammad Azmi Fathin, dan kak Galang Panji Muhammad yang mengikuti JOTA-JOTI 2021 tersebut menyampaikan apa yang didapat ketika acara tersebut yaitu, 

Kita berkomunikasi dengan menggunakan Radio amatir dan menggunakan suatu aplikasi yang bernama Scoutlink. 

Radio amatir merupakan satu alat komunikasi jarak jauh. Scoutlink merupakan aplikasi chat seperti discord tetapi tidak selengkap discord, kita bisa berinteraksi antar negara lewat aplikasi tersebut.

Saat menggunakan Radio amatir kita harus menyebutkan code stasiun yang sudah tersedia untuk kwacab lawan bicara kita lalu  kwarcab kota Yogyakarta, baru kita menanyakan apa saja yang kita inginkan.

Code kwarcab kota Yogyakarta adalah YH2UJF, jika dieja  menggunakan _Phonetic alphabet_ dibaca: "Yenkee Hotel Two Uniform Juliet Foxtrot"

Selain itu ada dua aplikasi yang harus dilogin kan terlebih dahulu, yaitu Scout.org dan jotajoti.info. 

Selain berkomunikasi menggunakan radio amatir, panitia juga mengadakan banyak challenge dan menyampaikan banyak info yang sangat berguna untuk peserta. (Atina Muthia Tsabita Rosyadi_SMAIT Abu Bakar)

Post a Comment

0 Comments