Perwakilan Dewan Ambalan Gugus Depan SMAIT ABU BAKAR Yogyakarta Ikut Serta Webinar Memorabilia

YOGYAKARTA — Perwakilan Dewan Ambalan gugus depan SMAIT ABU BAKAR Yogyakarta hadiri Webinar Memorabilia Pramuka yang diprakarsai oleh Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) kembali digelar dengan mengusung topik PERPPANITRA (Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Putri Putra) Nasional, Minggu (07/11/2021).


Kegiatan yang digelar melalui Zoom ini dibuka secara resmi oleh Kak drh. Sri Budoyo, Sekretaris I Kwarda DIY. Dalam sambutan pembukaannya, Kak Sri Budoyo menyampaikan bahwasanya webinar ini sesuatu yang sangat penting bagi kita semua, karena kita akan selalu mengenang kegiatan-kegiatan/ aktivitas pramuka khususnya penegak/pandega.

Kak Sri Budoyo menegaskan bahwa kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai daerah tersebut tentunya akan memberikan kontribusi yang besar kepada kita semua, khususnya saat ini Kwarda DIY sedang mempersiapkan Museum Pramuka Indonesia.

“Di musuem itu kita ingin lengkapi dengan berbagai dokumentasi kegiatan aktivis gerakan pramuka di seluruh Indonesia dan berharap generasi muda kita ke depan agar dapat mengetahui sejarah dari kegiatan-kegiatan yang pernah diselenggarakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Kak Sri Budoyo juga menyebutkan bahwa melalui Webinar Memorabilia ini dapat memberikan masukan bagi kita semua, khusus nya bagi pramuka penegak dan pandega, sehingga bisa mengetahui juga bagaimana sejarah kegiatan yang diselenggarakan pada masa awal-awal tahun 1970-an.

Kak Sri Budoyo yang juga merupakan purna Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Daerah (DKD) di Yogyakarta tahun 1980an tersebut merasa bersyukur bisa bertemu dengan kakak-kakak senior aktivis pramuka, meskipun secara virtual.

Sebagaimana diketahui bahwa Webinar Memorabilia Pramuka kali ini menghadirkan lima narasumber, yaitu Kak Gemala Rabi’ah Hatta ( Lurah Putri PERPPANITRA I), Kak Upi Suprihati ( Purna Ketua DKD Lampung 1969, peserta PERPPANITRA I), Kak Masrun Nur P ( Purna DKD SUMBAR / Peserta PERPPANITRA I & II ), Kak Tata Noers ( Purna DKD JABAR / Lurah Putra PERPPANITRA II ), dan Kak Kak Abdurrahman Tarunaningprang/Amang ( purna DKN / Ketua PERPPANITRA II ).

Para narasumber ini menceritakan bagaimana pengalaman saat penyelenggaraan PERPPANITRA I maupun II dengan diiringi beberapa dokumentasi kegiatan baik berupa foto, badge, maupun hal lainnya yang telah dirangkum dalam website Memorabilia Pramuka.

Diawali oleh pemandu acara Kak Dias Oktri Raka Setiadi, S.Si., dimoderatori oleh Kak Bambang Pamungkas dan Kak Nadia Agnes Rasheesa, kegiatan berjalan dengan lancar, dengan berbagai tambahan informasi menarik dari narasumber maupun peserta.

Nampak hadir dalam webinar kali ini, Ketua DKN pertama, Kak Sunjoto yang diberi kesempatan menyampaikan pengalamannya, serta perwakilan dari DKN periode saat ini, Kak Novia (Olive) yang menyampaikan beberapa kesan dalam mengikuti kegiatan ini. (Atina muthia tsabita rosyadi – SMA IT Abu Bakar)

Post a Comment

0 Comments