Wujudkan Pramuka Berkualitas, Pramuka UAD dibekali Latihan Dasar Pengelolaan Racana

YOGYAKARTA – Pramuka Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Pengelolaan Racana (LDPR) secara online yang merupakan salah satu program kerja tambahan untuk membekali anggota racana pada, Minggu (21/11/2021).

Kak Vera Yuli Erviana, M.Pd. selaku pembina putri membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya Kak Vera berpesan kepada seluruh anggota untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat menyerap materi serta mengaplikasikannya dalam kegiatan racana. 

Kegiatan LDPR ini menghadirkan narasumber dari Bimawa UAD yaitu Kak Danang Sukantar, M.Pd. yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa. Beliau menyampaikan materi tentang Manajemen Organisasi. 

Manajemen organisasi perlu dilakukan untuk mencapai keberhasilan maksimum kegiatan. Proses manajemen tersebut di antaranya yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan, dan staffing. 

Selain materi latihan, ada juga pemaparan program kerja dari dewan racana masa bakti 2021-2022 yang terdiri dari biro rohani, biro RT, biro diklat, pemangku adat, bendahara, sekretaris, dan ketua dewan racana. 

Sedikitnya ada kurang lebih 35 anggota pramuka UAD yang mengikuti kegiatan LDPR ini dan diharapkan selalu siap untuk menjalankan tugas dan kewajibannya. 

Kak Ikhsan selaku Ketua Dewan Racana 13-071 menyampaikan bahwa materi yang diberikan pada kegiatan LDPR ini akan menjadi bekal seluruh anggota racana dalam menjalankan tugas dan mengelola racana dengan baik. 

“Selamat berdinamika di racana, orang yang sukses itu karena mereka yang mampu dalam melakukan suatu hal”, tegasnya. (Melina Siska Ayuwaningsih – Universitas Ahmad Dahlan)

Post a Comment

0 Comments