Menguji Kreativitas Peserta PDT Lustrum X Tahun 2021 Melalui Giat Prestasi Miniatur Pioneering

Yogyakarta (05/12) – Gerakan Pramuka tentu tidak asing lagi dengan kegiatan yang bernama pioneering. Suatu ketrampilan dasar yang menggunakan tongkat dan tali untuk menyusun sebuah objek yang kokoh. Objek yang dibuat dalam pioneering bermacam-macam, biasanya merupakan representasi dari sebuah bangunan atau alat bantu darurat yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kali ini, Sangga Kerja Pengembaraan Desember Tradisional Lustrum X Tahun 2021 menguji kreativitas peserta untuk membuat Miniatur Pioneering dengan tema “Tenda Panggung”.

Giat Prestasi Miniatur Pioneering yang hadir sebagai Giat Prestasi terakhir dalam Pra Pengembaraan ini dilaksanakan secara luring pada hari Minggu, 05 Desember 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta yang bertempat di Ambarbinangun. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 shift, yaitu shift 1 pukul 07.30-09.30 yang diikuti oleh 17 sangga putri dan shift 2 pukul 09.30-11.30 yang diikuti oleh 14 sangga putra. Kemudian, juri lapangan yang hadir pada kesempatan kali ini, antara lain Kak Ayunurita dari perwakilan Andalan Cabang Urusan Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta, Kak Pratiwi Faren dari perwakilan Dewan Kerja Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kak Abdullah Al Mutsaqif dari perwakilan Universitas Gadjah Mada.


Perlombaan yang menghadirkan tiga juri lapangan ini tak hanya menguji kreativitas peserta. Manajemen diri, manajemen waktu, kesabaran, kerja sama, dan fokus peserta benar-benar diuji karena peserta diminta untuk membuat Miniatur Pioneering Tenda Panggung dalam batas waktu tertentu. Meskipun dibagi dalam beberapa kapling untuk menghindari kerumunan, tetap menggunakan masker, dan menjaga jarak, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan karya-karya terbaik peserta yang dibuat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.  (t.r)

 


Post a Comment

0 Comments