Pembentangan Bendera Merah Putih, Meriahkan Upacara Pembukaan PDT Lstrum X Tahun 2021


YOGYAKARTA-(18/12/21) Upacara pembukaan PDT Lustrum X tahun 2021 dilaksanakan setelah selesainya pra-PDT Lustrum X. Kegiatan ini juga menandai dimulainya Pengembaraan PDT Lustrum X. Bertempat di Lapangan Minggiran, kegiatan ini diikuti para peserta baik secara Luring maupun Daring melalui Zoom Meeting.

Adapun Upacara Pembukaan PDT Lustrum X ini diikuti oleh 2 (dua) orang perwakilan tiap sangga. Sangga Putra sebanyak 16 sangga dan sangga putri sebanyak 19 sangga. Pada Upacara Pembukaan PDT Lustrum X, Kakak Prof. Hj. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D. selaku Wakil Ketua Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kearifan Lokal, menjadi pembina Upacara Pembukaan PDT Lustrum X mewakili Kakak GKR Mangkubumi selaku Ketua Kwartir Daerah DIY. Kak Suwarsih juga memukul kentongan sebanyak 10 (sepuluh) kali, untuk menandai telah resmi dimulainya Pengembaraan PDT Lustrum X. Kemudian prosesi dilanjutkan dengan penyerahan panji perjalanan dan penyematan tanda peserta yang diwakili oleh kakak Ichasan Rizki Dwi Handika dari Sangga Penegas-Kode Sangga 07  selaku perwakilan peserta putra dan kak Aisa Risqi Nurjanah dari Sangga Dis-Kode Sangga 44 selaku perwakilan peserta putri. 

Upacara Pembukaan PDT Lustrum X juga dimeriahkan dengan adanya pembentangan bendera merah putih. Kegiatan pembentangan bendera berukuran 1000m2 ini bertujuan untuk memberikan kesan mendalam kepada peserta kegiatan PDT Lustrum X sekaligus sbagai bentuk sikap nasionalisme kita semua.

Kegiatan Pembentangan ini juga dimeriahkan oleh kakak-kakak dari SMPN 13 Yogyakarta. Setidaknya sebanyak 28 siswa-siswi SMPN 13 Yogyakarta berpartisipasi dalam kegiatan Pembentangan Bendera ini. Dimana mereka membentuk formasi sembari membentangkan bendera. Tari- tarianpun turut mengiringi prosesi ini.

Setelah selesai melakukan pembentangan bendera, para peserta PDT Lustrum X kembali mempersipakan diri untuk pelepasan peserta pengembaraan. Prosesi pelepasan peserta pengembaraan PDT Lustrum X ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh kakak Kakak Prof. Hj. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D. selaku pembina upacara. (M.S)


Post a Comment

0 Comments