Pramuka UAD Selenggarakan Sosialisasi Kepandegaan

YOGYAKARTA - Pramuka Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kepandegaan secara virtual melalui Zoom Meeting yang dapat menjadi salah satu bekal anggota racana untuk menuju pramuka pandega, (Sabtu, 25/12/2021).

Kegiatan ini dimulai pukul 16.00-17.30 WIB dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari anggota racana dan beberapa alumni racana. Pada kesempatan kali ini, menghadirkan pemateri dari alumni UAD yaitu Kak Ervina Sri Kusuma Wardani, S.Pd. selaku Koordinator Pandega di pramuka UAD. Beliau menyampaikan materi tentang kepandegaan secara umum dan yang ada di racana. 

Pramuka pandega merupakan golongan pramuka dari usia 21-25 tahun. Pramuka pandega diharapkan dapat kreatif, suka berkarya, dan selalu ingin menunjukkan eksistensinya. Proses untuk menjadi pramuka pandega yaitu dengan mengisi Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Pentingnya kegiatan sosialisasi ini dilakukan yaitu untuk memperkenalkan pramuka pandega kepada anggota racana yang ingin menempuhnya. Mulai dari pengertian secara umum, ketentuan, dan cara penempuhan pandega. Kemudian, dapat meningkatkan jumlah pramuka pandega di pramuka UAD yang berkualitas. 

Selain materi sosialisasi, pemateri juga berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada anggota racana yang belum dan sedang menempuh pandega. “Dengan menjadi seorang pandega, kita dapat lebih mengatur emosi dan tindakannya. Pandega merupakan kunci untuk melakukan dan mendapatkan suatu hal yang lebih dari yang lain”, tutur Kak Ervina. (Melina Siska Ayuwaningsih)


Post a Comment

0 Comments