Melestarikan Budaya Melalui Puncak Milad UKM Pramuka UAD


YOGYAKARTA – Pramuka Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan puncak acara Milad ke-39. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan secara luring di Ruang Auditorium Kampus 3 UAD, (Kamis, 13/01/2022). 

Acara berlangsung dari pukul 13.30-16.30 WIB dan dihadiri kurang lebih 100 peserta yang berada di ruang virtual serta di tempat langsung. Peserta yang hadir meliputi anggota racana, alumni racana, pembina UKM Pramuka UAD, Racana Sahabat, UKM, Dewan Kerja Cabang Kota Yogyakarta, Dewan Perwakilan Mahasiswa UAD, dan peserta lomba. 

Kak Suyitno, M.Pd. selaku pembina putra yang dapat menghadiri acara secara langsung. Dalam sambutannya Kak Suyitno menyampaikan bahwa saat ini UKM Pramuka sudah mulai ada peningkatan dari sebelumnya. Di usia 39 ini tentunya segala bentuk kemajuan tidak terlepas dari doa-doa dan dukungan oleh para pendahulu. Harapan beliau, UKM Pramuka bisa tetap produktif, berkemajuan, dan dapat membanggakan dalam kancah nasional maupun internasional. 


Tema yang diusung pada Milad ke-39 ini adalah “Penguatan Implementasi Satya Dharma menjadi Pramuka Istimewa di Era Digitalisasi”. Pramuka istimewa yang diangkat di sini mengenai kebudayaan dan dengan adanya acara ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengenalkan budaya kepada orang lain secara luas. Hal ini merupakan salah satu bagian atau peran pramuka di era digitalisasi dengan memanfaatkan media yang ada saat ini. 

Sebelum menuju puncak acara Milad ke-39, terdapat serangkaian acara yaitu lomba opini dan lomba poster tingkat SMA sederajat dan Perguruan Tinggi (Golongan Penegak dan Pandega). 

Acara milad kali ini tidak hanya penampilan dari anggota racana saja, akan tetapi UKM Pramuka juga mengajak UKM lainnya seperti UKM Tari dan UKM Musik untuk ikut memeriahkan acara milad ini. Penampilan UKM dilakukan secara langsung dan dance racana (CND) ditampilkan dalam bentuk video. Meskipun demikian, tarian yang dipersembahkan sangat luar biasa dan menarik perhatian peserta. 

“Dengan bertambahnya usia racana yang ke-39, semoga racana tetap jaya, dapat membawa nama baik UKM Pramuka UAD dengan capaian prestasi maupun kegiatan yang diadakan”, harapan Kak Waldi selaku Ketua Reka Kerja. (Melina Siska Ayuwaningsih_UAD)

Post a Comment

0 Comments