Sidang Paripurna Cabang DKC Kota Yogyakarta Dengan Program Unggulan Pengabdian Masyarakat


Yogyakarta -- Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Cabang (DKC) Kota Yogyakarta melangsungkan Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) Kota Yogyakarta. Bertempat di Aula Kwarcab Kota Yogyakarta dan Aula SD Margoyasan, Sabtu 26 Februari 2022.

Kakak drs. Heroe Poerwadi, MA berpesan supaya hadirin yang mengikuti Sidparcab ini dapat merumuskan dengan baik program-program yang kekinian guna pengembangan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan guna melaporkan pelaksanaan program kerja tahun sebelumnya dan merencanakan program kerja tahun berikutnya. Pada Sidparcab kali ini tidak hanya itu topik pembahasan yang akan dibahas, akan tetapi juga ada pengajuan usulan program kerja 2023 dan rencana program pengabdian masyarakat.

Dipimpin oleh Kak Nadia Agnes Rasheesa sebagai Ketua DKC Kota Yogyakarta, yang selanjutnya memberikan mandat kepada Presidium untuk memimpin sidang. Sidparcab ini berjalan dengan lancar. Berbagai aspirasi dan usulan disampaikan dalam proses sidang. Sidang-sidang dalam Sidparcab ini diantaranya :

1. Sidang Pendahuluan membahas tata tertib, agenda, dan kuota forum. 
2. Sidang Pleno 1 membahas laporan program kerja tahun 2021, 
3. Sidang Pleno 2 mengesahkan program kerja tahun 2022 dan pembentukan Komisi
4. Sidang Komisi, terdiri dari 2 komisi yakni Komisi A (mengusulkan proker 2023) dan Komisi B (membahas rencana program pengabdian masyarakat)
5. Sidang Pleno 3 penyampaian hasil hasil sidang komisi dan pembentukan tim perumus
6. Sidang Tim Perumus (khusus diikuti oleh tim perumus guna merumuskan hasil sidang)
7. Sidang Pleno 4 menyampaikan hasil hasil rumusan dan mengedahkannya sebagai hasil sidang, serta menutup persidangan.

Dalam Sidang Paripurna tahun 2022 ini, Program Pengabdian Masyarakat akan menjadi program unggulan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kota Yogyakarta. Diputuskan pada sidang komisi, bahwasannya topik utama yang akan diangkat untuk tahun ini adalah Pengelolaan Kebun untuk Budidaya Tanaman Sayuran. Akan bekerjasama dengan kelomok tani ngudi mulyo, berlokasi di Taman Ngudi Mulyo, Pugeran.

Selanjutnya kegiatan ini diakhiri dengan upacara penutupan yang ditandai dengan penyerahan hasil-hasil sidang kepada Kwartir Cabang yang dalam hal ini diwakili oleh Waka Binamuda Kwarcab Kota Yogyakarta (Kak Suraji Widarta, S.Pd), sekaligus menutup kegiatan. Hasil-hasil sidang diserahkan oleh Ketua DKC Kota Yogyakarta. (nar)

Post a Comment

0 Comments