Karya Bakti Lebaran bersama Pramuka Kota Yogyakarta : Stasiun Tugu dan Teteg Abu Bakar Ali

 



Yogyakarta — Kegiatan Karya Bakti Lebaran dimulai kembali pada hari Jum’at (29/04/2022), pada pukul 08:00-14.00 WIB untuk shift 1. Kegiatan Karya Bakti Lebaran kembali diadakan di beberapa titik meliputi Stasiun Tugu, Teteg Abu Bakar Ali, Tugu Pal Putih dan Titik 0 KM.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta yang melibatkan khususnya Pramuka Penegak dari pangkalan-pangkalan SMA/MA, SMK dan Satuan Karya Pramuka yang ada di Kota Yogyakarta. Menariknya, di dalam acara ini terdapat kegiatan roll call yang dilakukan oleh para petugas persaka dan perpangkalan. Melalui roll call, petugas yang ada di lapangan dapat melaporkan kondisi arus mudik dan Karya Bakti Lebaran yang ada di masing-masing posko ke seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini perwakilan dari pangkalan SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Bopkri 1 yang terdiri dari kakak pendamping, petugas dari pangkalan, dan Koordinator Lapangan dari Dewan Kerja Cabang Kota Yogyakarta mendapatkan kesempatan untuk melakukan penjagaan pada beberapa titik di stasiun Tugu Yogyakarta.

Berdasarkan pengamatan dan penjagaan yang dilakukan, situasi di Jl. Malioboro cukup ramai pada jam 08:00-10:00. Sementara itu, situasi di Stasiun Tugu terpantau cukup ramai pada pukul  10:00-12:00 WIB hingga kemudian terpantau mulai sepi pada pukul 12:00-14:00 WIB. Keadaan ini merupakan hal yang cukup wajar karena para pemudik lebih awal berangkat pergi di pagi hari  daripada di siang hari karena para pemudik menghindari kemacetan di siang hari.

Dilaksanakannya kegiatan ini tidak lain merupakan bentuk kerja sama antara Gerakan Pramuka, kepolisian, atau aparat pemerintahan lain untuk  masyarakat umum. Nilai-nilai kepramukaan yang disorot pada kegiatan Karya Bakti Lebaran ini bukanlah pada  seragam pramuka, melainkan pada bagaimana cara kita sebagai manusia mengambil sikap beretika dan inisiatif untuk membantu orang-orang disekitar kita (t.r)

Post a Comment

0 Comments