Bercerita Aktifitas di Posko Simpang Empat Tugu Yogyakarta bersama SMA N 2 Yogyakarta

Yogyakarta, (05/05/2022) -- Anggota Pramuka SMA N 2 Yogyakarta turut serta dalam Karya Bakti Lebaran di Simpang Empat Tugu Yogyakarta. Arus lalu lintas di Tugu Pal Putih Yogyakarta. Situasi di Pal Tugu Putih terpantau ramai lancar beberapa plat nomor luar kota masih banyak, seperti plat B dari Jakarta, plat H dari Semarang, plat AD dari Solo, plat AA dari, plat L dari Surabaya, plat BG dari Sumatra Selatan, plat E kuningan dari, plat Z ciamis dari, plat KT dari Kalimantan Timur, plat DK dari Bali, plat G dari Pekalongan plat P dari Banyuwangi , plat F dari bogor, plat W dari Gresik, plat K dari Jepara, plat KH dari Kalimantan Tengah, plat R dari banyumas, plat BH dari Jambi.

Setelah Apel Kami juga di datangi oleh brimop baciro. Brimop baciro merupakan salah satu brimop yang ada di Yogyakarta. Satuan Brigade Mobil disebut Satbrimob adalah unsur pelaksana tugas pokok dalam bidang Brigade Mobil pada tingkat Polda yang berada di bawah Kapolda. Satbrimob bertugas melaksanakan kegiatan penanggulangan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berkadar dan berintensitas tinggi.

Pada pukul (09.25) WIB di Tugu Yogyakarta datang mobil BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana. BNPB yang merupakan lembaga non kementerian setingkat menteri yang mempunyai fungsi meliputi perumusan penetapan dan pengoordinasian pelaksanaaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana terpadu dan menyeluruh.

Kami juga melihat Mobile Soundsystem Pengurai Masa atau Raisa yang berada di dekat Tugu Pal Putih. Ketika menghadapi massa yang rusuh atau ricuh, polisi memiliki sejumlah cara untuk mengurai keramaian salah satunya dengan kendaraan gagah bernama Raisa.Kendara ini salah satu yang digunakan selain gas air mata dan watercannon, untuk mengurai massa yang rusuh. Raisa sendiri singkatan dari 'Pengurai Massa', mobil ini sering kali terlihat di acara-acara penting misalnya ketika Pemilu dan Debat Calon Presiden. Mobil Raisa sengaja disiapkan untuk mengurai massa apabila terjadi kericuhan.

Pada pukul 09.50 Kecelakaan lalu lintas dari Arah Timur Jl. jendral di Simpang Empat Tugu Yogyakarta terjadi kecelakaan lalu lintas antara pengendara sepeda motor berplat nomor AB 5932 VH dengan sebuah mobil berplat nomor F 1488 DH dari arah timur (Jalan Jendral Sudirman).

Adapun kronologi kejadian : 

Pengendara sepeda motor menuju ke arah utara dan sebuah mobil dibelakangnya tiba-tiba berputar balik ke arah timur. Kejadian ini mengakibatkan pengendara motor terjatuh dan keadaan sepeda motor lecet. Beberapa polisi datang dan mengarahkan kedua belah pihak. Kejadian ini berakhir dengan kesepakatan kedua belah pihak untuk tidak melanjutkan kejadian ini di jalur hukum.

Pada pukul 10.00 keadaan di Tugu Pal Putih terpantau Ramai lancar dengan di datangi 2 ambulance dari arah Timur menuju arah jl. Diponegoro dan dari arah Barat menuju arah Jl. Jend Sudirman Cuaca-nya cerah berawan

Pada pukul 12.04 keadaan di Tugu Pal Putih terpantau Ramai lancar dengan di datangi Sebuah mobil jenazah dari arah Timur menuju jl. Diponegoro. Cuaca terpantau mendung namun tidak terjadi hujan. Terdapat beberapa wisatawan berswafoto di area diorama Tugu Golong Giling serta di area jl. P. Mangkubumi.

Di tengah kegiatan tak lupa kami melakukan istirahat makan siang dan minum untuk mengisi energi kami agar tidak lelah. Pada pukul 13.00 Lalu lintas terpantau ramai lancar dan dari arah Utara terpantau sepi dan dari arah barat terdapat beberapa mobil yang menerobos lampu lalu lintas sehingga menyebabkan sedikit kemacetan kecil di area jl. P. Mangkubumi.

Pukul 14.00 lalu lintas terpantau ramai lancar dan rekan peserta penjagaan posko KBL shift 2 dari SMTI datang sebanyak 4 orang. Dan tim kesehatan ada pergantian shift. Banyak wisatawan yang berfoto di area tugu pal putih Yogyakarta. Mereka mengabadikan foto-foto momen bersama keluarga maupun rekan-rekannya.

Berbagai kalangan tetap menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu menerapkan 6M yaitu Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menjaga protokol kesehatan. Saat ini sedang dalam bulan Syawal atau libur lebaran tetapi  pandemi Covid-19 mulai menurun. (ar)

Pewarta : Qareena Nirwa

Post a Comment

0 Comments