DKC Kota Yogyakarta Ajak Pramuka Kota Yogyakarta Melakukan Karya Bakti Pramuka di Pugeran, Suryodiningratan.

Yogyakarta, (30/07/2022) -- Mengawali Bulan Bakti Pramuka, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC) Kwartir Cabang Kota Yogyakarta melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat hari pertama. Kegiatan ini merupakan program unggulan DKC Kota Yogyakarta tahun ini. Program Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan secara shift/bergiliran, bersama Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kota Yogyakarta. 

Pagi ini dilakukan aktifitas penyiapan lahan untuk bercocok tanam, mulai dari membersihkan lokasi untuk menanam, membuat bedengan, dan memupuk tanah. Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengolahan lahan pertanian untuk tanaman sayuran. Bertempat di daerah Pugeran, Suryodningratan bersama dengan kelompok Tani Ngudi Mulyo Pugeran. Rencananya akan dilaksanakan berkala selama 3 bulan kedepan.

Program ini dilangsungkan juga selaras dengan tagline Kwartir Nasional Gerakan Pramuka "Berbakti Tanpa Batas". Selain itu juga dapat menjadi projek untuk jam pelayanan (Service Hours) WOSM. Rencananya aktifitas awal Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan hari Sabtu ini dan esok Minggu, Pukul 09.00-17.00 WIB. Kedepannya direncanakan kegiatan ini dilakukan secara rutin mulai dari penyemaian bibit, penanaman tanaman, perawatan, hingga penanaman. Tidak hanya menyiapkan lahan, di lokasi ini teman teman Pramuka Penegak Pandega Kota Yogyakarta juga dapat menikmati sayuran dari hasil kebun. Siang ini teman teman mengolah hasil kebun tersebut menjadi "lotek" kemudian dinikmati bersama untuk makan siang.

Direncanakan diakhir nanti saat masa panen akan dibuka juga Pasar Tiban, yang akan dimeriahkan dari berbagai kelompok tani di Kota Yogyakarta. Tak hanya bertanam sayuran, di lokasi ini juga sedang di mulai budidaya ikan air tawar. Direncanakan juga nantinya akan ada pelatihan untuk budidaya ikan dan pengelolaan ikan guna penunjang budidaya ikan air tawar. Kepada Kakak kakak dapat juga berpartisipasi dalam program ini, untuk informasi lebih lanjut dapat melalui narahubung kami Kak Bara (088221598196). Serta jangan lupa mengunjungi laman instagram @dkckotajogja untuk melihat keseruan aktifitas Pengabdian Masyarakat. (nar)

Post a Comment

0 Comments