Mengabdi Tanpa Batas: Pramuka UAD Santuni Anak Yatim



YOGYAKARTA-Pramuka Universitas Ahmad Dahlan mengadakan kegiatan santunan anak yatim di Panti Asuhan Anak Yatim Amanah, Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta pukul 11.45-12.30 WIB (Rabu, 10 Agustus 2022).

Pramuka UAD yang mengikuti ke panti terdiri dari Ketua Dewan Racana, Biro Rohani, dan beberapa anggota racana. Santunan anak yatim berupa materi sejumlah Rp. 1.100.000,00 yang merupakan hasil donasi mulai dari tanggal 2-8 Agustus 2022. 

Pramuka UAD memanfaatkan momentum bulan Muharram dengan mengadakan kegiatan santunan anak yatim, kegiatan ini dilakukan dengan harapan mendapatkan pahala, bermanfaat sebagai amal jariyah dan juga sebagai bentuk kemanusiaan sebagaimana nilai-nilai yang tertera dalam Dasa Dharma Pramuka. Selain itu, Kwartir Nasional menjadikan bulan agustus sebagai bulan pramuka untuk mengabdi tanpa batas.

Panti Amanah berdiri sejak tahun 2006, saat terjadinya gempa yang melanda Yogyakarta. Salah satu kabupaten yang mengalami kerusakan parah adalah Bantul, sehingga banyak korban jiwa. Banyak anak yang kehilangan orang tuanya, hal inilah yang mendasari berdirinya Panti Amanah. 

Kejadian gempa juga mengakibatkan perekonomian warga menurun. Akhirnya, pendiri panti yaitu Bapak Titis Sukowanto beritikad kuat untuk tetap mempertahankan sekaligus mengembangkan panti dengan cara meminta bantuan ke dinas sosial, mahasiswa, dan pengajian rutin di panti. 

Panti Amanah tidak hanya menerima anak yatim saja, tetapi ada juga anak asuh dan lansia.

“Saat ini panti Amanah merawat dan mendidik sekitar tujuh puluh anak baik yang berasal dari DIY maupun luar DIY, kebanyakan mereka berusia sekitra tujuh sampai dua puluh tahun, bahkan ada beberapa yang sudah menyelesaikan bangku kuliah”, ujar Pak Sukowanto.

Harapan dari beliau yaitu melalui kegiatan ini Pramuka UAD dapat ikut serta menyebarluaskan informasi Panti Amanah ke khalayak umum agar Panti Amanah dapat menjadi alternatif penyaluran bantuan ataupun membantu masyarakat yang kesulitan dalam membiayai keluarganya. (Melina Siska Ayuwaningsih. Pramuka UAD)


Post a Comment

0 Comments