Pengembaraan Desember Tradisional Ke 51 mengambil Rute Untung Suropati

dok : PDT 2019

Yogyakarta -- Mendengar kata Pengembaraan Desember Tradisional tentunya sudah tidak asing lagi. Pengembaraan Desember Tradisional atau yang biasa disebut dengan PDT adalah kegiatan pengembaraan tahunan yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta secara rutin sejak tahun 1971.

Perlu kita tau Pengembaraan Desember Tradisional memiliki 5 ciri khas diantaranya :

1. Sebagai wadah kegiatan generasi muda khususnya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang dapat memoertebal semakat disiplin, meningkatkan daya kreasi, dan kecerdasan, mengembangkan kepemimpinan dan keterampilan yang bermanfaat bagi dirinya maupun masyarakat.
2. Sebagai media untuk menanamian nilai pendidikan karakter bagi warga negara yang diajarian oleh Baden Powell. 
3. Mengangkat rute tematik tentang perjuangan pahlawan sebagai langkah memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme melalui sejarah.
4. Sebagai media menanamian pendidikan karakter berlandaskan pada kiasan dasar gerakan pramuka bersumber dari sejarah perjuangan dan budaya bangsa.
5. Sebagai wahana melestarikan budaya setempat.

Tahun ini pengembaraan desember tradisional sudah sampai pada 51 tahun pelaksanaan. Mengambil rute Perjuangan Untung Suropati, tentunya banyak harapan besar dalam perjalanan yang akan kita lalui pada Pengembaraan tahun ini, sembari memaknai perjuangan untung suropati dalam proses melawan belanda dalam di Kartasura. PDT ke 51 ini menganggat tema "Pengembaraan Bakti dalam Mengabdi Tanpa Henti". 

Menurut Kak Novriza Bara Widanto selaku Ketua Sangga Kerja PDT 51 tema ini diambil sebagai bentuk upaya mendukung salah satu pola pembinaan Pramuka Penegak Pandega untuk mengabdi kepada masyarakat. Sedangkan kalimat Pengembaraan Bakti sendiri juga mengandung maksud agar kita tak lupa bahwasannya kata bakti sendiri memiliki arti luas sebagai pengingat bahwa kita sebagai Pramuka tidak hanya melakukan bakti yang umum kita lakukan saja tetapi segala bentuk hal baik yang kita lakukan  merupakan sebuah bakti baik untuk diri sendiri, orang lain, maupun masyarakat luas.

Pendaftaran peserta Pengembaraan Desember Tradisional akan dibuka pada tanggal 1 Oktober 2022. Berikut surat edaran juklak kegiatan pengembaraan desember tradisional ke 51 dapat di download di bit.ly/BerkaspPDT51

☎️Informasi lebih lanjut hubungi :

Kak Jonathan (Bidang Administrasi Kesekretariatan)

wa.me/+6281229998385

Kak Bara (Ketua Sangga Kerja)

wa.me/+62 882-2159-8196


Pewarta : Nadia Agnes

Post a Comment

0 Comments