Pelaksanaan JOTA-JOTI Tahun 2022 Kwartir Cabang Kota Yogyakarta


Yogyakarta -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta mengelenggarakan Jamboree On The Air (JOTA) and Jamboree On The Internet (JOTI) tahun 2022. Kegiatan JOTA-JOTI Kwarcab Kota Yogyakarta dikelola oleh kakak kakak Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC) Kota Yogyakarta.

Bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Kota Yogyakarta kegiatan JOTA-JOTI dimulai pada tanggal 14 Oktober 2022 pukul 14.00 WIB. Selepas upacara pembukaan peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk mengikuti JOTI, JOTA (berkomunikasi dua arah menggunakan radio amatir), dan menangkap gambar melalui satelit yang dipancarkan. 

Dalam ber-JOTI peserta mengunjungi campsite JOTA-JOTI pada laman jotajoti.info dan mengikuti aktifitas yang sedang berlangsung, termasuk JOTI chat menggunakan rocket chat. Kwartir Nasional juga membuat laman JOTI chat pada aplikasi rocket chat dimana didalam servernya juga terdapat channel chat daerah daerah di Indonesia.

Untuk aktifitas JOTA peserta yang hadir melakukan percakapan dua arah dengan stasiun jota lainnya sesuai dengan alphabet nato menggunakan perangkat radio amatir. Ada pula aktifitas amatir yang menarik lainnya diperkenalkan kepada peserta yaitu menangkap gambar melalui satelit yang dipancarkan.

Peserta hadir ke lokasi JOTA-JOTI 2022 sesuai shift yang telah dibagi. Shift terbagi hingga pukul 19.30, selanjutnya di malam hari Stasiun JOTA Kwarcab Kota Yogyakarta masih beroprasi bersama teman teman DKC Kota Yogyakarta. (nar)



Post a Comment

0 Comments