Kolaborasi Sebagai Pengisi Materi, Kak Dickyfli dan Kak Agnes Mengajak Peserta Belajar Peta Topografi Digital

dok : sangga kerja

Yogyakarta -- Salah satu materi yang diberikan dalam kegiatan Gladian Keterampilan Kepramukaan (Gladiketpram) adalah Peta Topografi. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 26-27 November 2022 ini bertempat di Pusdiklatcab Kwarcab Kota Yogyakarta. 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, peserta merupakan perwakilan pesera Pengembaraan Desember Tradisional ke -51 yang diutus oleh Pangkalannya mengikuti kegiatan Gladiketpram. Berbagai materi disajikan guna mengasah dan menyamakan pemahaman para peserta terkait beberapa materi teknik kepramukaan. Salah satu materi yang diberikan yaitu Peta Topografi.

dok : sangga kerja
Bersama Kak Dickyfli Putra dan Kak Nadia Agnes peserta diajak berdiskusi dan belajar seputar Peta Topografi, mulai dari Pengertian Peta, Jenis-Jenis Peta, hingga secara terperinci teknik membaca peta topografi. Peserta diberikan cara melakukan resection dan intersection oleh kak Fajri Ahdiyat.





Mendapatkan materi secara teori dari ketiga pemateri sudah membuat para peserta merasakan materi baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Selain materi teori peserta juga melakukan praktek mengenali bentuk-bentuk garis kontur, legenda peta, serta menentukan titik koordinat di peta. Peserta juga belajar melakukan orientasi peta dan orientasi medan.

dok : sangga kerja

Tidak usai sampai disana saja, Kak Dickyfli dan Kak Agnes juga mengajak peserta menjelajah melalui telephone seluler para peserta masing-masing guna mengenal peta topografi secara digital. Mengenali bentuk garis kontur yang tidak jauh berbeda dengan peta topografi manual (dengan kertas), membaca legenda dalam peta topografi digital. 

Tentunya tidak kalah menarik peserta mencoba membaca koordinat dan mencari koordinat dalam peta topografi digital, yang tentunya cukup berbeda dengan peta topografi manual. Sembari menikmati senja yang memukau peserta gladiketpram bersukacita menyelesaikan soal dan tantangan yang diberikan baik dalam penggunaan peta topografi manual maupun digital. 


Post a Comment

0 Comments