Kegiatan Bakti Masyarakat Menjadi Salah Satu Sub Kegiatan PDT 51

dok : kak Dhani (PDD PDT 51)

Yogyakarta -- Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) merupakan kegiatan tahunan sebagai penutup kegiatan di akhir tahun yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta. Di tahun ini kegiatan PDT mencapai ke 51 tahun pelaksanaan, diselenggarakan selama 5 hari.

Beberapa kegiatan disuguhkan salah satunya kegiatan bakti. Kegiatan bakti tersebut dilaksanakan hari ketiga PDT 51, tanggal 19 Desember 2022. Berlokasi di desa Randu Gunting Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Sleman.

Terdapat 3 kegiatan bakti, yang pertama adalah penanaman bibit pohon buah, sangga kerja menyiapkan 50 bibit pohon buah kelengkeng dan 50 bibit pohon buah mangga. Kedua jenis bibit pohon ini merupakan support bantuan dari Dinas Pertanian Sleman. Peserta PDT 51 membawa dan membantu warga menanam bibit pohon buah tersebut di halaman rumah ataupun kebun yang dimiliki warga desa randu gunting RT 01. Kegitan penanaman bibit pohon buah ini dilakukan juga sebagai upaya penghijauan serta penerapan sdg's nomor 13 (penanganan perubahan iklim) dan nomor 15 (menjaga ekosistem darat). 

dok : Kak Dhani (PDD PDT 51)

Selain penanaman bibit pohon buah, juga dilaksanakan bersih lingkungan di desa randu gunting RT 01. Tentunya bersama dengan warga sekitar, peserta PDT 51 membersihkan lingkungan sekitar desa. Mulai dari membersihkan area sekitar jalan utama, jalan setapak, hingga lingkungan sekitar rumah-rumah warga. Seperti yang kita ketahui lingkungan yang bersih akan menjadi lingkungan yang indah untuk dilihat. Selain itu juga akan mempengaruhi terhadap kesehatan masyarakat sekitarnya.

dok : Kak Alya (DKC Kota Yogyakarta)
Disore hari disajikan pula sosialisasi selain untuk masyarakat desa randu gunting, juga untuk perwakilan peserta PDT 51. Sosialisasi ini mengenai cara perawatan lingkungan desa. Dibersamai oleh Kak Kamtiyana, S.Hut dari BPSDMP Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam sosialisasi ini Kak Kamti juga menyampaikan bagaimana peran kita sebagai anggota Pramuka untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya melakukan perawatan lingkungan dengan baik, mulai dari hal kecil yaitu menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Ketiga kegiatan ini dilaksanakan selain guna penerapan sdg's juga selaras dengan tema utama bagi kegiatan Gerakan Pramuka di tahun ini yaitu "Mengabdi Tanpa Batas". Sembari menerapkan apa yang diajarkan oleh Baden Powell. (nar)

Post a Comment

0 Comments