Meriahnya Malam Wiradharma PDT 51, Nuansa Indah Renungan Malam Wiradharma

dok : PDD PDT 51

Yogyakarta -- Malam Wiradharma merupakan malam puncak yang dilaksanakan pada kegiatan kegiatan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat Kwartir Cabang Kota Yogyakarta. Dalam malam wiradharma salah satunya terdapat kegiatan renungan malam wiradharma yang merupakan adat dan rutinitas bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di kegiatan tingkat cabang. Renungan malam wiradharma bertujuan untuk merefleksikan diri dari semua yang telah dijalani selama proses kegiatan berlangsung. 

Tidak ketinggalan, renungan malam wiradharma juga dilangsungkan pada malam puncak Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) ke 51. Renungan malam wiradharma PDT 51ini diikuti oleh peserta, tamu undangan, pengunjung dan sangga kerja PDT ke-51. Pada renungan ini kita dajak untuk merefleksikan diri dari semua yang telah dijalani selama Pengembaraan. Acara Malam Wiradharma PDT 51 dilangsungkan di basecamp 3 tepatnya di Lapangan Gorongan, Seturan, Selasa, 20 Desember 2022.

dok : PDD PDT 51
Renungan kali ini dibawakan oleh Kakak E. Pramusinto Purna DKC Kota Yogyakarta yang juga Ketua PDT ke 23 tahun 1993 Rute Palagan Ambarawa, bersama Kakak Hasan Muhammad, D selaku Ketua DKC Kota Yogyakarta.

Tak lupa tentunya diakhir sesi renungan disampaikan pula Pesan dari Ketua DKC Kota Yogyakarta untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kota Yogyakarta. Renungan ini makin terasa syahdu dengan nyala lilin yang dibawa oleh peserta. Nuansa hangat yang indah terpancar dari setiap bait teks renungan yang dibacakan. Begitu terasa kekhitmatan renungan malam wiradharma yang disuguhkkan. Peserta dan hadirin yang hadir tampak begitu seksama menikmati setiap alunan teks renungan yang dibacakan.

dok : PDD PDT 51

Tidak hanya berisikan renungan malam wiradharma saja, dalam serangkaian acara Malam Wiradharma ini juga menghadirkan beberapa musisi sebagai pengisi acara dan Guest Star. Musisi yang hadir diantaraanya Fariz Aji Nugraha yang merupakan finalis Idol 2014,  Bintang RRI 2019, dan finalis Pop Academy Indosiar 2022. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Kak Fariza sangat pas dengan nuansa peserta PDT ke-51 sehingga peserta sangat antusias untuk ikut bernyanyi bersama.


dok : PDD PDT 51
Selain itu ada juga penampilan band dri Sabha Band yang merupakan pelantun official song pengembaraan desember tradisional, band lahiran dari Satuan Karya Bahari Kota Yogyakarta. Tentunya juga membawa peserta bernyanyi bersama melepaskan rasa lelah selama berkegiatan 4 hari ini. Tidak kalah menarik diakhir acara Malam Wiradharma ini ditutup oleh penampilan dari Nammara Band sebagai Guest Star. (nar) 

Post a Comment

0 Comments