Pantauan Karya Bakti NATARU Posko Nol Kilometer Yogyakarta

dok : petugas posko

Yogyakarta -- Menjelang perayaan natal dan tahun baru, Kota Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini menjadikan Yogyakarta semakin ramai dan meningkatkan tingkat kemacetan di lalu lintas di titik pusat wisata seperti Tugu Pal Putih, Titik 0 Km, dan Teteg Abu Bakar Ali. Pemerintah Kota memberlakukan MRLL (Malam Tahun Baru) yang meliputi pemberlakuan sistem buka tutup pada beberapa ruas jalan, Kanalisasi Jalan Abu Bakar Ali (Utara hotel garuda) untuk mencegah crossing masuk ke Jalan Malioboro, dan pemasangan pagar di Simpang Jl. Pangurakan yang bertujuan untuk meminimalisir kepadatan lalu lintas.

Dengan perkiraan keramaian lalu lintas, sebagai penjaminan keamanan dan kenyamanan wisatawan di sekitar titik Tugu Pal Putih, Titik Nol Kilometer, dan Teteg Abu Bakar Ali diberlakukannya Pos Pengamanan Natal Tahun Baru (Nataru) yang merupakan bagian dari Operasi Lilin Progo 2022 Polresta Yogyakarta. Kegiatan ini melibatkan partisipasi dari Polisi, Satpol PP, Brimob, Tenaga Kesehatan, dan tentunya Pramuka.

Pada kesempatan kali ini, Sabtu (31/12/2022), Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta mengutus beberapa perwakilan SMA/SMK di Kota Yogyakarta untuk berpartisipasi dan menunjukan pengabdiannya kepada masyarakat melalui kegiatan Pos Pengamanan Nataru atau kita sebut dengan Karya Bakti Nataru. SMA Negeri 6 Yogyakarta mendapat giliran untuk menjaga pos pada shift pertama pukul 08.00-15.00 WIB di titik nol kilometer yogyakarta.

Dengan adanya karya bakti nataru ini, Pangkalan SMA Negeri 6 Yogyakarta  memandu penyeberangan untuk membantu melancarkan lalu lintas, memberikan informasi bagi para wisatawan yang membutuhkan informasi, dan membantu bila terjadi keadaan darurat.

Pangkalan SMA Negeri 6 Yogyakarta diwakili oleh Kak Aliya, Kak Anis, Kak Dyah, Kak Maida, dan Kak Raafi. Dibersamai juga oleh Kak Luqman dari Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC) Kota Yogyakarta selaku koordinator lapangan.

Cuaca pagi ini mendung dengan suhu 31°C serta kelembaban 86% dan sempat hujan gerimis sekitar pukul 08.30 WIB, namun wisatawan terlihat tetap berlalu-lalang. Banyak wisatawan yang berswafoto di area titik nol kilometer yogyakart dan beberapa wisatawan bertanya untuk menuju tujuan wisata di sekitar titik nol kilometer yogyakarta.

dok : petugas posko

Lalu lintas di sekitar titik nol kilometer yogyakarta terpantau ramai lancar walaupun menuju alun-alun utara padat. Sesekali terlihat kemacetan di area titik nol kilometer yogyakarta karena banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara.

Direncanakan personil dari pramuka akan pembantu di posko titik nol kilometer yogyakarta hingga malam pergantian tahun nanti, dimana pada pukul 15.00-22.00 WIB akan ada perwakilan Satuan Karya Bhayangkara Kota Yogyakarta. Selanjutnya pukul 22.00-01.30 akan ada perwakilan kakak kakak dari Pramuka Peduli Kota Yogyakarta. (nar)

Pewarta : Zahra Aliya Wibowo (SMA N 6 Yogyakarta)

Post a Comment

0 Comments