Pengembaraan Desember Tradisional ke 51 Dimulai Dengan Pemecahan Kendi

dok : Agnes - Pewarta Istimewa

Yogyakarta — Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) ke-51 tahun 2022 Rute Untung Suropati Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta resmi dimulai. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan bertemat di Halaman Ndalem Brontokusuman, Sabtu (17/12/2022). Kegiatann PDT merupakan kegiatan rutin akhir tahun yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC) Kota Yogyakarta.

Kegiatan PDT 51 ini diikuti oleh 304 anggota Pramuka Penegak yang terdiri dari 18 Sangga Putra dan 20 Sangga Putri perutusan dari gugusdepan di Kota Yogyakarta. Kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional ke 51 dibuka oleh Kakak Drh. Sri Budoyo selaku sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta

Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Kak drh. Sri Budoyo, Sekretaris I Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) mewakili Kak GKR Mangkubumi. Salah satu hal yang menarik Rute yang sama dengan PDT ke 51 ini juga pernah digunakan pada tahun 1982, dimana Kak Sri Budoyo sebagai Ketua Sangga Kerja.

Selain itu dalam upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh kakak drs. Heroe Poerwadi, MA selaku ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, kak Didik Wardaya, S.E, M.Pd, M.M selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga Mabida Kwarda DIY, serta kakak kakak Mabicab Kwarcab Kota Yogyakarta, serta Wakil Ketua Kwarcab Kota Yogyakarta.

Prosesi pemukulan Gong sebanyak 4 kali menjadi penanda dibukanya secara resmi PDT 51 Kwarcab Kota Yogyakarta. Dilanjutkan dengan penyeragan panji perjalanan dan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada yang bertugas. Pada kesempatan kali ini untuk pertama kalinya bendera Official PDT dikibarkan dan secara resmi di launching.

dok : Agnes - Pewarta Istimewa

Setelah upacara pembukaan dilanjutkan prosesi pelepasan peserta PDT 51 yang ditandai dengan pemecahan kendi oleh Kak Didik Wardaya, S.E, M.Pd. Diketahui kegiatan yang merupakan penutup kegiatan akhir tahun ini akan berlangsung 5 hari ingga taggal 21 Desember 2022 dengan serangkaian kegiatan yang menarik tentunya. (nar)

Pewarta : Abel Ihsan Renjiro (DKC Kota Yogyakarta)

Post a Comment

0 Comments