Laksnakan KMD Diawal Tahun 2023 Kwarcab Kota Yogyakarta Bekerjasama Dengan TKK BKS DIY

dok : panitia

Yogyakarta -- (09/01/23) Mengawali tahun 2023 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan Tim Kerja Kepramukaan (TKK) BKS Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) tahun 2023.

Upacara pembukaan diadakan guna menandai dimulainya kegiatan KMD tahun 2023. Dalam laporan panitia penyelenggara KMD tahun 2023 yang dibacakan oleh kakak Drs. Theresia Dharmayanti disampaikan peserta kegiatan ini merupakan Pembina maupun Calon Pembina Gugusdepan sejumlah 40 orang dengan rinciana 18 orang putra dan 22 orang putri.

Upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh  kakak Drs. Hartana Sj, M. Pd. selaku Ketua Majelis Pembimbing TKK BKS DIY, kakak Drs. Heroe Poerwadi ,M.A. selaku Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, kepala Pusdiklatcab Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Kakak Suraji Widarta S.Pd, dan kakak Sumarmi selaku Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarcab Kota Yogyakarta

Kakak Drs. Hartana Sj, M. Pd dalam sambutannya menyampaikan "KMD tahun 2023 ini adalah sarana mengubah, tidak hanya mengubah baju tapi juga jiwa.  Menjadi selaras, baju pramuka dan jiwa pramuka. Kita bertransformasi luar dalam". 

Dalam kesempatannya Kakak Drs. Heroe Poerwadi ,M.A. menyampaikan KMD ini merupakan upaya agar pangkalan dan gugusdepan bisa menggerakkan anggotanya, tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan tetapi juga softskill dan lifeskill. 

Gong yang dibunyikan sebanyak 3 kali oleh kakak Drs. Heroe Poerwadi ,M.A menjadi tanda resminya kegiatan KMD tahun 2023 dimulai.

dok : panitia

Kesempatan istimewa juga diberikan kepada Kakak Yulius Heru Prihono (SMA Stelladuce) dan Kakak Chatarina Wiwit Ary Astuti (SMA Stelladuce) sebagai perwakilan peserta putri dan putra dalam Pengalungan Tanda Peserta oleh kakak Drs. Heroe Poerwadi ,M.A.

Selesai Upacara Pembukaan dilanjutkan dengan materi untuk hari pertama antara lain Orientasi Kursus, Dinamika kelompok, Materi UU no. 12 Tahun 2010 dan AD/ART, materi Kepramukaan, Sejarah, dan Pendidikan Kepramukaan, terkahir menutup hari pertama KMD tahun 2023 ini dengan Materi Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari pada tanggal sampai dengan 14 Januari 2023. Bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, Sonopakis, Ambarbinangun, Kasihan, Bantul. (nar)

Pewarta : Marcellina Santika Gitaratri, TG (DKC Kota Yogyakarta)

Post a Comment

0 Comments