Hari Pertama Posko Karya Bakti Lebaran 2023 Kwarcab Kota Yogyakarta

foto : SMA N 9 Yogyakarta
Yogyakarta — Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta hari ini Selasa, 18 April 2023 mulai melakukan aktifitas Karya Bakti Lebaran (KBL) 2023. Dimana Kwarcab Kota Yogyakarta ikut serta di Pos Pengamanan Arus Mudik Lebaran di 3 titik yakni Simpang Empat Nol KM Yogyakarta, Teteg Abu Bakar ALi, dan SImpang Empat Tugu Yogyakarta

Terbagi dalam 2 shift yakni shift 1 di pukul 08.00-14.00 dan shift 2 di pukul 14.00-20.00. Sepanjang pelaksanaan hari ini, untuk arus lalulintas di ketiga titik posko terpantau masih lenggang, menuju ke siang hari mulai ramai lancar. Peningkatan kepadatan kendaraan terjadi menjelang buka puasa sampai malam hari.

Bentuk kegiatan yang dijalankan dalam Karya Bakti Lebaran (KBL) adalah membantu arus lalu lintas, memberikan informasi kepada pengunjung dan pengendara, dan menciptakan kenyamanan serta keamanan lingkungan sekitar.

Pada shift pertama di Simpang Empat Nol Kilometer Yogyakarta ada kakak-kakak dari MAN 2 Yogyakarta yang membantu masyarakat dalam penyebrangan jalan dan membantu mengarahkan para wisatawan mancanegara ke lokasi yg ingin di tuju. Kemudian di shift kedua diisi oleh kakak-kakak dari SMA N 8 Yogyakarta membantu masyarakat atau wisatawan yang ada dalam menentukan arah dan tujuan, serta membantu arus penyeberangan.

Untuk di posko Teteg Abu Bakar Ali pada shift pertama ada kakak-kakak dari SMA N 9 Yogyakarta yang selain membantu penyebrangan jalan dan menunjukkan arah kepada wisatawan juga membantu pemasangan pembatas jalan dan pembaharuan rambu lalu lintas yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Juga ada kunjungan dari Stasiun Tugu Yogyakarta. 

foto : SMK SMTI Yogyakarta

Selanjutnya pada shift kedua ada kakak-kakak dari SMK SMTI Yogyakarta yang juga membantu menyebrangkan pejalan kaki dan menunjukkan arah kepada wisatawan. Di posko ini menjelang malam hari wisatawan semakin ramai memadati sepanjang jalan malioboro dengan berswafoto dan menjajaki tempat-tempat kuliner.

Disimpang Empat Tugu Yogyakarta juga ada kakak-kakak dari SMK N 3 Yogyakarta yang bertugas, dimana poin tugasnya tidak jauh berbeda dengan di posko lainnya yakni membantu penyebrangan jalan, menjaga keamanan lingkungan posko, dan menunjukkan arah kepada wisatawan.

Kakak-kakak pramuka yang bertugas ini juga membantu menciptakan suasana lingkungan yang kondusif, aman, dan nyaman untuk lingkungan posko. Kami sampaikan juga untuk para wisatawan agar tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan yang rawan terjadi. (nar)


Post a Comment

0 Comments