Upacara Pembukaan di Balai Kota, PDT 52 Resmi Dibuka dengan Semangat "Muda Mengembara"

Foto : Sangga Kerja PDT 52


YOGYAKARTA - Pengembaraan Desember Tradisional ke-52 (PDT-52) Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh pembina upacara, Kak Edi Heri Suasana mewakili Kak GKR Mangkubumi selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (17/12/2023) 


Pembukaan PDT 52 yang mengambil rute Tentara Pelajar BE-17 ini berlangsung di halaman Balai Kota Yogyakarta dengan diikuti oleh 277 yang terbagi menjadi 19 sangga putra dan 16 sangga putri. Upacara Pembukaan Dihadiri oleh Keluarga besar Tentara Pelajar BE-17, Kakak Suraji Widarta, Kakak Danang Setiadi Serta beberapa pihak terkait.


"Pengembaraan adalah wahana yang paling tepat untuk menumbuh kembangkan karakter bangsa yang baik." Ucap Kak Edi dalam pidato pembukaannya. Di PDT yang ke 52 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pada pramuka penegak untuk mengembangkan karakter dan bakat setiap individunya. 


Selesai pembacaan pidato yang di bacakan oleh Pembina Upacara menjadi tanda bahwa Pengembaraan Desember Tradisional telah di buka secara resmi.Dilanjutkan dengan penyerahan panji perjalanan dan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada yang bertugas.


Usai dibuka secara resmi oleh Kak Edi Heri Suasana mewakili Ketua Kwarda DIY, agenda dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta PDT 52 yang ditandai dengan pemecahan kendi.


PDT 52 akan berlangsung selama 5 hari ke depan dengan beberapa kegiatan. Selain mengembara, ada pula Giat umum (Upacara pembukaan, Upacara Penutupan, Apel Pemberangkatan, Apel Penerimaan, Apel Pagi, Apel sore, Jumpa tokoh, Pengenalan SAKA dan Malam Wiradharma), Giat Bakti (Kerja bakti, Sosialiasi Perubahan Iklim dan Stunting), dan Giat Prestasi (Festival Kesenian Rakyat, ASTER, Pioneering, Jurnalistik, Baris Berbaris dan KOMLAP) 

Pewarta : Kak Mutiara Meirizka

Post a Comment

0 Comments