Perwakilan Dewan Ambalan, Racana, dan Satuan Karya Mengikuti Temu Dewan Satuan

dok ; DKC Kota Yogyakarta

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta dalam hal ini DKC Kota Yogyakarta menyelenggarakan Temu Dewan Satuan (TDS). Berlangsung pada Minggu, 26 Mei 2024 bertempat di Aula Kwartir Cabang Kota Yogyakarta. 

Diikuti oleh 40 anggota dari berbagai perwakilan Dewan Ambalan, Dewan Racana, dan Dewan Satuan Karya di Kota Yogyakarta. Kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan pada pukul 08.45 WIB yang dibuka oleh Kak Suraji Widarta Selaku Waka Binamuda Kwarcab Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Kak Suraji menyampaikan pesan kepada seluruh peserta TDS yang hadir untuk dapat menempuh Syarat Kecekapannya dan harapannya ada dari gugusdepan yang menempuh Pramuka Istimewa. Diketahui beberapa waktu yang lalu Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan ujicoba untuk syarat pramuka istimewa yang dapat ditempuh oleh peserta didik di DIY.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan materi Raimuna Cabang Kota Yogyakarta tahun 2024 yang disampaikan oleh Kak Intan Sri Maharjani Sekretaris 2 DKC Kota Yogyakarta selaku Ketua Sangga Kerja di Raimuna Cabang Kota Yogyakarta.

Kemudian materi Branding Organisasi oleh Kak Dias Oktri Raka Setiadi dari Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (PusbangJusinfo Kwarda DIY). Para peserta dijelaskan tentang tools yang harus dilakukan untuk membangun branding. Apa saja manfaat dan strategi yang harus yang dilakukan untuk bisa membangun branding dan beberapa kalimat motivasi diberikan oleh kak Dias untuk peserta. 

dok ; DKC Kota Yogyakarta
Setelah itu peserta dikenalkan dengan apa itu Sustainable Development Goals (SDG's) oleh Kak Tahta Ratu Sekarilalang selaku Wakil Ketua DKC Kota Yogyakarta, ada berapa point utama dan bagaimana mengimplementasikan  SDGS  di ranah pramuka penegak dan pandega. 

Tidak hanya itu Kak Ilalang juga menjelaskan bagaimana cara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega melaporkan servis hours di laman Wosm Servis dan memilih SDG's yang sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan.

Kegiatan ditutup dengan upacara penutupan pada pukul 12.15 WIB dan dilanjutkan dengan foto bersama. Dalam penutupan kak Suraji harapannya setelah materi yang disampaikan mulai dari Branding Organisasi, SDG's hingga Wosm Service, peserta dapat membuat kegiatan kepramukaan yang lebih menaring dengan penerapan SDG's dan dapat menyampaikan laporannya hingga di tingkat Internasional. (nar)


Pewarta ; Kak Zalfa Qonita

Post a Comment

0 Comments