Resmi Dibuka: Loka Bara II Adakan Kompetisi dengan Tetap Menjalin Persaudaraan Bakti

dokumentasi : Sangga Kerja Loka Bara II

Pramuka MAN 1 Yogyakrta secarea resmi membuka Lomba Pramuka Alibasyah Ratnaningsih II yakni Loka Bara II. Kegiatan ini diselenggarakan berlokasi di MAN 1 Yogyakarta dan Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari pada Minggu (23/6). Loka Bara II diadakan dengan tujuan meningkatkan semangat berinovasi meraih prestasi sekaligus meningkatkan persaudaraan bakti antar peserta

Pembukaan Loka Bara II dihadiri oleh 45 tim dari berbagai pangkalan yang siap menunjukkan keterampilan dan keahlian mereka dalam berbagai perlombaan yang menguji pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas. Perlombaan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan kepramukaan dan meningkatkan persaudaraan bakti antar pramuka. 

Acara pembukaan yang digelar hari ini dimulai dengan Upacara Adat Buka Kegiatan. Berikutnya pembacaan laporan ketua sangga kerja oleh Kak Andini Eling. Dilanjutkan dengan Upacara Adat Buka Kegiatan, lalu amanat pembina upacara sekaligus membuka kegiatan secara resmi. 

Waka Kehumasan MAN 1 Yogyakarta, Kak Drs. Suyanto, S.Ag., M.Si., M.Pd., menyampaikan, "Kita bersyukur terselenggaranya kegiatan Loka Bara II ini. Kegiatan ini memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni membina ketangkasan sekaligus menjalin persaudaraan bakti dan terpenting bagaimana dampak dari event itu terhadap diri masing-masing.'

'Tunjukkan kalo pramuka itu bisa mengembangkan karakter dan bisa melahirkan pemimpin-pemimpin dunia, bukan tidak mungkin bahwa pemimpin akan lahir dari ruangan ini.' tambah Kak Suyanto.

Beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan Loka Bara II dan tentunya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif untuk semua yang hadir dikesempatan ini.

Setelah amanat dari pembina telah tersampaikan, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama. Setelah Pembukaan Loka Bara II, peserta dipersilahkan kembali ke ruang transit masing-masing untuk mempersiapkan diri mengikuti perlombaan. 

Adapun kegiatan perlombaan yang dilaksanakan diantaranya Lomba Pioneering, Lomba PPGD, Lomba Cerdas Cermat Pramuka, dan Lomba Yel-yel yang dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta. Ada juga lomba Keterampilan Kepramukaan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari.

dokumentasi : Sangga Kerja Loka Bara II

Kegiatan perlombaan usai sekitar pukul 12.00, setelah melakukan istirahat sejenak, kegiatan dilanjutkan dengan Final Lomba Cerdas Cermat Pramuka, dan Gathering Pramuka Penggalang. Selanjutnya diakhiri dengan upacara penutupan dan pengumuman kejuaraan.

Diharapkan peserta dapat mengasah keterampilan kepramukaan yang dimiliki dan menjalin persaudaraan bakti antar peserta maupun pangkalan. Marilah kita bersama-sama menciptakan suasana yang penuh semangat, kekompakan, dan kegembiraan dalam ajang perlombaan ini. (nar)

Pewarta ; Kak Navella - MAN 1 Yogyakarta 

Post a Comment

0 Comments