Saka Wirausaha Kota Yogyakarta Selenggarakan Orientasi Calon Anggota

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta bersama Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta menyelenggarakan Orientasi Calon Anggota Satuan Karya (Saka) Wirausaha Kota Yogyakarta. Kegiatan orientasi saka wirausaha dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juni 2024, di Bumi Perkemahan Ambarbinangun.

Kegiatan di awali dengan materi motivasi berwirausaha di usia muda oleh kak Octo Noor Arafah, Waka Keu Sapras Kwarcab Kota Yogyakarya. Selain itu ada juga materi pembentukan dan pengenalan Saka Wirausaha di Daerah Istimewa Yogyakart oleh kak Sugiyanto yang sangat memotivasi para peserta.

Setelah 2 materi awal, dilanjut dengan pembukaan orientasi calon anggota Saka Wirausaha ditandai dengan penyematan tanda peserta (scraft) yang diwakili oleh kak Danang dan kak Alifa.

Upacara pembukaan kegiatan di hadiri oleh beberapa tamu undangan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Yogyakarta, Kwarcab Kota Yogyakarta, dan instansi terkait lainnya.

Selepas upacara pembukaan, berbagai materi didapatkan peserta orientasi diantaranya Dasar Kewirausahaan, Materi SKU dan SKK, Tips membangun usaha, hingga membuat perencanaan usaha. Dimalam hari kedua peserta diberikan penugasan untuk mencoba melakukan aktifitas wirausaha, dan bermusyawarah untuk membentuk susunan Dewan Saka Wirausaha Kota Yogyakarta didampingi oleh Kak Suraji dan Kak Sarmi.

Kegiatan berlangsung dengan lancar diakhiri dengan pelantikan Anggota dan Dewan Saka Wirausaha sekaligus Upacara Penutupan pada hari ketiga minggu, 23 Juni 2024. (nar)


Pewarta ; Alifa Azzahra

Post a Comment

0 Comments