Raimuna Cabang Kota Yogyakarta Sajikan Permainan Tradisional Guna Menghiasi Kegiatan Kepramukaan Dalam Mempererat Persaudaraan

Kota Yogyakarta — Hari kedua pelaksanaan Raimuna Cabang Kota Yogyakarta tahun 2024, Jumat 19 Juli 2024, pukul 16.00 WIB di Halaman Bumi Perkemahan Babarsari. Salah satu kegiatan yang menarik di Giat Budaya Raimuna Cabang Kota Yogyakarta yakni Permainan Tradisional. 

Terdapat 3 jenis permainan tradisional yang dapat dimainkan yakni gobak sodor, tarik tambang, dan jemparingan. Sebelumnya, peserta berbaris sesuai dengan pangkalan masing-masing, dan dibagi menjadi 2 kelompok. 

Permainan tradisonal memang sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus dan mendapatkan prioritas yang utama untuk dilindungi, dibina, dikembangkan, dan selanjutnya diwariskan. Hal ini tentu diperlukan supaya permainanan tradisional tidak hilang ditelan zaman.

Oleh karena itu, alternatif yang dapat dilakukan supaya tidak punah adalah memasukkan permainan tradisional kedalam kegiatan kepramukaan dan pembelajaran. Dengan memasukkan permainan tradisional kedalam kegiatan kepramukaan itu mampu membekali peserta dengan cara melestarikan dan memainkan permainan tradisional, terutama di zaman sekarang. 

Peserta tampak menikmati permainan, tertawa bersama dan bermain secara sportif. Cahaya matahari sore mampu menambah panasnya permainan. Kegiatan ini tentu bisa menjadi wadah menjalin keakraban dan juga kebersamaan antar peserta kegiatan Raimuna Cabang Kota Yogyakarta.

"Raimuna adalah pestanya para pramuka permainan tradisional ini adalah salah satu cara kita untuk mengenalkan budaya budaya kita tetapi dengan cara yang menyenangkan juga" ujar Kak Jonathan Darell Ekka Putra selaku Ketua Bidang kegiatan Raimuna Cabang Kota Yogyakarta tahun 2024.

Dimalam hari nanti, para peserta akan mengikuti kegiatan Talkshow yang pastinya tidak kalah menyenangkan dan lebih seru.

Pewarta : Asla Dzihni Lintang 

Post a Comment

0 Comments