Giat Wisata Raimuna Cabang Kota Yogyakarta 2024 : "Menyatu dengan Sejarah dan Budaya" Tour Museum Kotagede

Kota Yogyakarta — Hari ketiga pelaksanaan Raimuna Cabang (Raicab) Kota Yogyakarta 2024, sabtu 20 Juli 2024, para peserta mengikuti kegiatan wisata berkunjung ke museum dan menengok bangunan cagar budaya.

Peerta diajak berkunjung ke Museum yang ada di Yogyakarta salah satunya adalah Museum Kotagede. Bertempat di Jalan Tegal Gendu No. 20, Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Jogja. Intro living museum namanya,museum ini termasuk museum baru yang diresmikan pada akhir desember 2021 lalu, menggunakan rumah hunian B.H Noerijah yang dulunya adalah seorang pedagang emas.

Bangunan rumah ini dibangun secara bertahap pada tahun 1931 hingga 1938 dan memadukan banyak gaya, dengan corak yang beragam dan unik serta berbeda dengan arsitektur lain pada jamannya. Perpaduan dari bangunan tradisional Jawa,Belgia,Arab serta Tionghoa yang akhirnya membuat rumah ini memiliki keunikan tersendiri.

Intro Living museum yang berarti intro sebagai pengenalan atau introducing kepada masyarakat bahwasannya lokasi kotagede ini adalah kota pertama diantara kota kota lain didaerah Yogyakarta. Bangunan rumah indah ini merupakan bangunan cagar budaya dengan umurnya yang sudah melebihi 50 tahun tepatnya 93 tahun hingga saat ini.

Peserta Raimuna Cabang Kota Yogyakarta 2024 disajikan berbagai klaster yang ada di Museum Kotagede yaitu Klaster Situs Arkeologi dan Lansekap Sejarah, Klaster Kemahiran Teknologi Tradisional, Klaster Seni Pertunjukan Sastra, Adat-Tradisi dan Kehidupan Keseharian, dan klaster Pergerakan Sosial Kemasyarakatan.

Giat wisata ini bertujuan untuk mengembangkan potensi para peserta mengulik sejarah yang ada di sebagian besar Indonesia menggunakan metode observasi secara langsung. Membuka wawasan luas bagi para peserta Raimuna Cabang Kota Yogyakarta 2024 tentang sejarah.

"Jadi ada tambahan eksperience semenjak ikut Raicab kali ini,dari sini juga aku baru tau ada museum didaerah kota gede jadi lebih mengenal juga kotagede ini seperti apa seru banget bisa jalan jalan di hari ke3 raicab ini" ujar Kika dan Sasa salah satu peserta Raimuna Cabang Kota Yogayakarta Pangkalan SMAit Abu bakar.

Selain mengunjungi Museum Kotagede, peserta juga mengunjungi museum dan situs cagar budaya Pleret. (nar)

Pewarta : Naura Sisqya Pradani

Post a Comment

0 Comments