Meningkatkan Pendidikan dan Pengetahuan Dalam Giat Edukasi Raimuna Cabang Kota Yogyakarta

Yup

Kota Yogyakarta -- Hari kedua pelaksanaan Raimuna Cabang Kota Yogyakarta, para peserta mengikuti berbagai Giat Edukasi yang telah disiapkan oleh sangga kerja, Jumat, 19 Juli 2024.

Giat Edukasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengalaman dan pengetahuan peserta. Giat Edukasi dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. Sebelumnya, peserta melakukan persiapan dan dibagi menjadi beberapa kelompok.

Adapun rincian dari Giat Edukasi diantaranya Water Rescue, yang bertempat di halaman belakang Kwarda DIY. Diisi oleh Narasumber dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta, Kak Sularno dan Kak Sutarman.

Para peserta diberikan  pemahaman terkait teknik penyelamatan di dalam air (teknik riding boy, helm penyelamat, dan life jaket).

Selanjutnya ada Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), yang bertempat di Aula Kaca Bumi Perkemahan Babarsari. Diisi oleh perwakilan dari Public Safety Center Yogyakarta yang berjumlah 4 personil.

Para peserta diberikan materi terkait pertolongan pertama Resusitasi Jantung Paru Paru, menggunakan boneka manekin.

Kemudian adalah Giat Edukasi Permainan Tali, Single Rope Technique. Disampaikan oleh Kak Devi Aulia Wulandari dan Kak Hilman Adi Wicaksono dari Pramuka UMY.

Para peserta melakukan permainan tali berupa praktek SRT (Single Rope Technique) atau teknik satu tali , salah satu keahlian menggunakan satu tali untuk turun dari ketinggian dengan arah vertikal ataupun horizontal.,

Giat Edukasi berikutnya adalah Pengenalan Cuaca Ekstrem oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Peserta mempelajari bagaimana mengenali perubahan cuaca dan mengenali terjadinya cuaca ekstream.

Ada juga Giat Edukasi Pengenalan Ular oleh Yayasan Sioux Ular Indonesia yang memberikan materi terkait apa yang dilakukan ketika bertemu ular, edukasi terkait ular, penanganan ketika terpatok ular dan macam-macam ular.

Kak Zahro Naziha dan Kak Khayla Najwa yang berasal dari Pangkalan MAN 1 Yogyakarta mengaku senang dan merasakan kegiatan yang diikuti sangat seru. Mereka bisa mengenal satu sama lain yang berasal dari lintas sekolah.

"materinya seru bisa menambah pengetahuan tadi juga waktu ppgd jadi tau caranya melakukan cpr dengan baik ditambah materi tentang ular yang awalnya takut jadi tau cara menangani ular dan membedakan jenis jenis ular" ujar kak Khayla dan kak Zahro.


Pewarta : Naura Sisqya dan Asla Dzilmi

Post a Comment

0 Comments